Resep Cilok dan Bumbu Kacang Praktis untuk Jualan

Cara membuat cilok sederhana bumbu kacang–  Cilok adalah makanan khas dari daerah Jawa Barat. Dia dibuat dari tepung dan dimakan bersama dengan bumbu kuah. Biasanya kuah kacang. Nah, cilok juga menjadi ide kue murah meriah. Banyak yang suka dengan cilok dan banyak banget yang bersedia membeli cilok tanpa berfikir dua kali.

Kali ini saya akan mengajak bunda praktek cara membuat cilok sederhana dan mudah. Pada kesempatan yang akan datang, saya akan hadirkan Cara membuat cilok goreng. Karena cilok memang beragam dan enak sekali. Jadi, kenapa harus tunggu lama lagi, bunda? kita cek saja selengkapnya yuk. Semoga bermanfaat.

Bahan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung tapioka
  • 1 sdm ebi sangrai
  • 200 ml air panas
  • 1 siung baput
  • 2 batang daun bawang iris tipis
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sachet royco ayam
  • Garam sesuai kebutuhan

Cara Membuat Cilok :

  • Bahan utama campur, tepung terigu dan baput serta bahan lain. Kemudian tuang air panas pelan-pean sampai basah, tapi tidak cair
  • Tambahkan tapioka dan uleni, agar cilok kenyal, dalam menguleni harus kuat
  • Cicipi rasanya, jika sudah pas. Rebus cilok dalam air mendidih
  • Angkat dan sajikan bersama kuah kacang

Sekian informasi cara membuat cilok rebus bumbu kacang. Mudah bukan, bunda? nah, bisa dijual 500 perak, jadi ini adalah ide kue murah untuk jualan termudah, deh. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Resep Bolu Kukus Putih Telur Pelangi

Resep bolu kukus pelangi putih telur untuk dijual – Pernah makan kue di pengajian kan, bunda? beberapa waktu yang lalu saya makan bolu kukus. Enak banget, bisa soft dan lembut. Penasaran, memberanikan bertanya pada tuan rumah, eh katanya beli. Nah, daripada penasaran mulailah eksperiman. Dan saya pun mencoba share untuk bunda semua.

cara membuat bolu kukus

Oke, dalam resep bolu kukus praktis ini saya akan hadirkan, sebuah resep yang menggunakan putih telurnya saja. Bukan lengkap dengan kuningnya. Nah, sekilas menurut saya mirip dengan resep brownies kukus putih telur 4. Tapi ini lebih beda dikit. Oke bunda, kita mulai saja eksekusi setiap bahan yang ada. Semoga bermanfaat ya!

Bahan A :

  • 1/4 sdt garam
  • 400 ml putih telur
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt sp
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan B :

  • 1 sdt baking powder double acting
  • 150 gr terigu segitiga
  • Semua bahakan dicampur jadi satu kemudian diayak, dan sisihkan hasilnya

Bahan lain:

  • Margarin leleh sekitar 50ml
  • Pasta pandan 1 sdm

Cara Membuat:

  • Bahan 1 kocok
  • Tambahkan bahan ke 2 dan aduk sampai tercampur
  • Tambahkan bahan ke 3
  • Jika sudah, adonan bagi 2. Satu dikasih pasta pandan
  • Masak dengan adonan yang sudah dipanaskan. Namun dalam memasak, harus dengan trik. Tengahnya berikan adonan putih dan pandan, begitu seterusnya sampai habis
  • Kukus 30 menit, kalau sudah matang angkat

Oke, bunda. Resep bolu kukus ini selesai sampai di sini. Bisa dijual 1000 rupiah, kok. Selanjutnya, kita akan mencoba resep bolu putih telur panggang. Tapi besok ya, bunda. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

 

Resep Es Lilin Kacang Hijau untuk Dijual 500 Rupiah

Resep jajanan anak sekolah terlaris – Ide segar nih, bund. Kali ini saya akan mengajak bunda untuk memahami cara membuat es lilin. Karena es lilin ini adalah jajanan legendaris banget. Sejak saya SD, tahun 1990 an, es ini sudah ada dan populer. Membuatnya ngga susah kok, bunda. Karena hanya butuh ketelitian saja.

cara bikin es lilin kacang ijo

Oke, selanjutnya resep es lilin praktis dan murah ini akan kita jadikan sebagai ide bisnis. Tentu saja kita bisa menjualnya dengan harga 500 perak atau 1000. Tergantung dari ukurannya sih. Ngga usah berbasa-basi lama, mari kita simak saja selengkapnya bund. Semoga bermanfaat.

Bahan:

  • 150 gram kacang hijau
  • 100 ml santan atau 1 bks santan kara
  • 2000 ml air bersih
  • 20 sdm gula pasir
  • 1 sdm Garam
  • 4 lbr daun pandan

Cara Membuat es lilin kacang Hijau:

  • Pertama kacang hijau rendam semalam
  • Rebus kacang hijau, masukkan pandan. Rebus sampai kulit kacang mengelupas
  • Tambahkan santan, gula dan garam.
  • Aduk sampai rata. Angkat dan dinginkan jika sudah matang
  • Kemasi dalam plastik sesuai ukuran. Dan beri karet gelang
  • Masukkan ke frezzer. 1 x2 4jam, jika sudah keras siap untuk dijual

Sekian resep jajanan anak sekolah yang praktis. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini, bunda. Semoga jualannya laris manis. Sampai jumpa lagi. Salam.

Resep Kue Pukis Spesial Praktis Enak dan Mudah

Kue jajanan pasar murah meriah – Pukis adalah jajanan pasar murah meriah yang dibuat dari tepung kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Di mana, kue ini terkenal, karena murah, enak, sehingga legendaris banget. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan ajak bunda untuk praktek resep membuat kue pukis untuk 1 kg tepung.

Kue Pukis Spesial

O, ya, bunda, untuk resep membuat kue pukis tanpa santan akan saya bahas di lain kesempatan. Nah, sekarang kita buat yang spesial dulu. Oke bunda, selain bisa dijual seribuan, bahkan jadi ide kue murah 500 perak, kue ini juga bisa untuk santapan pribadi atau suguhan pengajian. Sekian basa-basinya, mari kita masuk ke intinya saja.

Bahan:

  • 1 kg tepung terigu cakra,
  • 1 bks santan instal klatu atau Kara
  • 5 butir telur utuh
  • 7 ons gula pasir
  • 1 bks ragi merk fermifan 25 gr
  • 200 gr margarin cair merk blue band
  • Vanili
  • Essen atau pewarna makanan kuning telur

Cara Membuat Kue Pukis Sederhana :

  • Pertama ambil wadah, masukkan telur, gula pasir, kemudian kocok dengan mixer sampai kembang
  • Tambahkan tepung terigu dan santan
  • Tambahkan ragi, kalau sudah rata tercampur
  • Tambahkan margain cair, vanilia serta  essen
  • Kemuydian aduk-aduk sampai tercampur rata
  • Lalu diamkan 40 sampai 60 menit
  • Kalau adonan sudah mengembang, kemudian cetak dengan cetakan yang ada

Oke, inilah dia jajanan murah meriah untuk dijual yang bisa saya hadirkan kali ini, bunda. Semoga ringkasan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menyebarkan informasi ini, ya! semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

 

Resep Cilok Empuk Kenyal Bumbu Kacang untuk Jualan

Cara membuat Cilok Empuk Kenyal – Selamat pagi bunda. Apa kabar? sudah Jumat lagi, artinya sudah Weekend dan tentu saja, saatnya bersantai, berkumpul dengan keluarga. Nah, di akhir pekan ini, saya mau hadirkan resep jualan sekaligus cemilan keluarga. Seperti yang bunda lihat pada judul.

Cilok adalah makanan khas dari Jawa Barat. Dibuat dari aci atau tepung kanji. Direbus dan dimakan bersama bumbu. Ada banyak bumbu. Namun yang akan saya hadirkan adalah bumbu kacang. Sudah tidak sabar ingin mencicipi? tentu saja. Lezatnya ngga ketulungan.

Bahan:

  • 250 gr tepung tapioka
  • 150 tepung terigu
  • 200 ml air mendidih
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdt kaldu
  • 1/2 sdt Garam
  • 2 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang
  • Air

Cara Membuat:

  • 100 gr kacang tanah
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 4 sdm gula merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm air asam jawa
  • 200 ml air
  • Garam
  • Minyak

Cara Membuat:

  • Haluskan bawang putih sisihkan.
  • Siapkan wadah. Tuang tepung tapioca. Tambahkan daung bawang dan yang lain. Kemudian tuang air panas perlahan. Adon hingga membentukan bulatan.
  • Masak dengan air kaldu panas. Jika sudah mengambang berarti sudah matang
  • Sekarang siapkan bumbu kacang. Cararnya campur semua bahan jadi satu, tumis dan beri air kaldu
  • Siap disajikan.

Sekian dulu, bunda. Semoga ringkasan ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Jika menurut bunda bermanfaat, silahkan share.

Resep Kue Putu Ayu Gula Merah untuk Dijual

Cara membuat putu ayu singkong –  Oke, setelah sekian lama saya off karena memang sibuk dengan urusan kurban, akhirnya saya bisa online lagi, bunda. Kali ini kita akan bicara soal ide jualan lagi. Di mana kali ini, kita akan membuat putu ayu, ya, bunda. Putu ayu termasuk makanan legendaris dan enak, murah.

Reseo Outu Ayu yang mudah

Nah, saya sebut resep ini sebagai resep jajanan murah untuk dijual  karena memang bisa kok dijual murah. Saya sendiri menyarankan menjual dengan harga 1000 rupiah. Bisa dititipkan ke warung atau ke sekolahan. Sehingga akan mudah terjual. Seperti apa sih selengkapnya? mari kita simak saja bunda. Semoga bermanfaat.

Bahan Kue Putu Ayu:

  • 3 butir telur
  • 200 gram tepung terigu
  • kelapa parut
  • 150 gram gula merah sisir halus
  • 200 ml santan kental
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt TBM
  • garam

Cara Membuat Putu Ayu:

  • Pertama kali silahkan bahan dasar, mulai kelapa parut, dan garam
  • Kukus bahan dasar sampai matang
  • Lalu kocok telur, gula merah, gula pasir, TBM sampai mengembang
  • Tambahkan tepung terigu dan santan
  • Olesi cetakan dengan minyak goreng. Tambahkan parut ke cetakan sambil ditekan pelan dan tuang adonan
  • Kukus 10 menit

Nah, sekian resep usaha kue rumahan  yang bisa saya hadirkan, bunda. Semoga menginpirasi. Kue ini bisa dijual dengan harga seribuan sampai seribu limka ratus, tergantung besarnya cetakan. Oke, pada kesempatan yang akan datang saya akan hadirkan resep putu ayu pisang gula merah. Sampai jumpa.

Resep Tempe Mercon Praktis untuk Jualan

Resep tempe goreng mercon – Yang lagi hit nih bund. Kemarin sempat booming tumis bawang, sekarang ada tempe mercon. Seperti apa sih? mudah banget kok. Simpel. Yang bikin nagih karena rasa pedas dan gurih jadi satu. Makanya, jangan pernah sepelekan.

Nah, selain enak dimakan sendiri, makanan ini bisa dijual juga. Dijamin nagih. Selain itu, bisa dijadikan menu makanan sehari-hari. Dijamin enak dan sangat menggiurkan. Saya saja bisa habis 5 sampai 10 biji sendiri. Kalau bunda? aih, pasti lebih dong. Heheee.

Bahan:

  • 1 papan tempe mentah dipotong agak besar. Agar bisa dibelah tengahnya
  • 150 ml air
  • 20 gram cabe rawit
  • 5 gram cabe merah
  • Ebi atau udang kering
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 bungkus tepung tempe goreng cepat saji
  • Minyak goreng

Cara Membuat:

  • Ebi, cabe, bawang diulek jadi satu
  • Tempe potong sekitar 2cm lalu belah tengahnya
  • Isi dengan sambal yang sudah dibuat tadi
  • Siapkan adonan dari tepuyng tempe siap saji
  • Celupkan tempe di dalam tepung
  • Goreng dalam minyak panas

Sekian Cara Membuat Tempe Goreng Mercon Super Pedas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa klik share, bun. Biar yang lain juga dapat informasi ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Resep Tumis Bawang Merah untuk Lauk Makan

Cara Membuat Tumis bawang Merah – Nah, resep ini memang lagi hit banget. Bahkan sempat booming di grup. Dan kemudian melebar. Memang enak sih. Saya juga membuatnya, woww, lezat banget. Kali ini saya posting salah satu rekayasa saya.

Pada intinya, membuat tumis bawang merah berbahan dasar bawang merah. Namun bisa dikreasikan dengan lainnya. Misal dengan cumi, udang, ebi, atau terasi. Sekarang kita langsung saja cek yuk. Semoga bermanfaat dan segera saya praktek.

Bahan:

  • 350 gram bawang merah
  • 25 buah cabe rawit
  • 100 gram ikan teri
  • Gula dan garam

Cara Membuat:

  • Iris bawang merah dan cabe sesuai selera
  • Kemudian siapkan minyak. Tumis ebrsama dengan ikan teri dan gula serta garam.
  • Lalu, pastikan nasi putih Anda hangat ya, bun.
  • Selamat mencoba.

Nah, inilah resep yang viral itu. Teri bisa diganti dengan yang lain. Intinya bawang merah saja dan diperbanyak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Resep Brownies Ketogenic Diet by Fiani Anggieta

Resep brownies keto – Memiliki berat badan ideal merupakan idaman banyak orang. Terutama bagi kaum hawa yang sangat menginginkan selalu memiliki tubuh yang indah dan sehat. Banyak cara yang orang-orang tempuh demi memiliki tubuh idaman seperti diet, olahraga, bahkan sampai mengkonsumsi obat-obatan yang berbahaya.

Brownies Keto resep Fiani Dwi Anggieta

Jika kalian sedang ngidam untuk bisa langsing tanpa susah, dan pasti sehat. Kali ini saya akan berbagi tips Diet Keto. Apa sih Diet Keto? Secara ringkas sih, diet dengan porsi lemak lebih banyak ketika makan.

Ada dua jenis keto, yakni Ketofastosis dan Ketogenic. Ketofastosis adalah pola Diet yang menerapkan pola puasa. Misal, jam 8 malam sampai jam 12 siang, selama waktu itu hanya boleh di isi VCO, Teh Hijau, Kopi dan tentu saja ngga pakai gula.

Kali ini, saya akan berbagi salah satu resep makanan untuk pelaku Ketogenic Diet, ya, secara makanan memang harus dijaga.

Ketogenic Diet, mungkin masih asing terdengar bagi beberapa orang. Pada awalnya ketogenic diet memang digunakan untuk pengobatan epilepsy. Namun, banyak orang menunjukkan perubahan yang lebih baik dari berbagai penyakit yang mereka alami setelah menjalani ketogenic diet ini seperti obesitas, diabetes, jantung, CA, dan masih banyak lagi.

Ketogenic Diet ini sudah dijalankan oleh banyak orang, bahkan memiliki grup sendiri di media sosial Facebook & Telegram yang di dalamnya juga terdapat tenaga medis seperti dokter, perawat, bidan, dll.

Kabar gembiranya, banyak yang turun berat badan sebanyak 20kg dalam waktu 4 bulan dan sebagainya tergantung dari metabolisme masing-masing orang.

Oke, bagi kalian yang kangen dengan brownies namun sedang melakukan keto, nih, saya share resep buatan sendiri. Kayak apa sih? yuk simak selengkapnya saja.

Rese Flourless Brownies Keto

Bahan-bahan :

  • 70 ml Santan kental
  • 2 butir telur
  • 6-7 saschet gula diabetasol
  • 1 bungkus agar-agar plain (swallow)
  • 1 bungkus nutrijel coklat (jika menggunakan nutrijel plain, tambahkan bubuk coklat java 1 sdt)
  • 5 sdm mentega/butter yang dicairkan
  • keju untuk topping

Cara membuat :

  • Panaskan kukusan terlebih dahulu, jangan lupa membungkus tutup kukusan dengan kain bersih
  • Sembari menunggu kukusan panas, siapkan cetakan yang sudah diolesi mentega/butter
  • Kocok semua bahan (cukup hingga merata)
  • Setelah kukusan panas, taruh adonan kedalam cetakan, dan kukus kurang lebih 30 menit
  • Tes tusuk, jika sudah tidak ada yang menempel, angkat dan tunggu hingga dingin baru keluarkan dari cetakan
  • Hidangkan brownies dan tambahkan topping keju.

Sekian yang dapat penulis bagi kali ini, dilain waktu akan penulis bagi lagi sinformasi-informasi seputar ketogenic diet, semoga bermanfaat. Salam Lemak&Salam Sehat!

Resep Daging Kambing Masak Kecap Praktis dan Enak

Resep tongseng daging kambing – Ngga harus sate, daging kambing bisa diolah dengan berbagai macam. Kalau mau praktis dan sederhana, kenapa ngga masak kecap saja? iya, aneka olahan daging kambing simpel yang satu ini memang wajib dicoba deh, bunda semua. Kalau ngga mau ribet, ya ini dia caranya.

Cara masak daging kambing

Oke, selain itu bunda juga bisa memakai resep masakan daging kambing pedas yang pernah saya hadirkan. Intinya, soal masak ngga ada hukum pasti, bisa dikreasikan sedemikian rupa. Nah, kalau mau simpel dan ngga banyak bumbu, olahan yang satu ini bisa bunda coba. Seeprti apa sih? mari kita simak saja selengkapnya, bunda dalam resep masakan daging kambing kecap bango.

Bahan:

  • 500 gram daging kambing potong dadu atau sesuai selera

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang putih diiris
  • 7 butir bawang merah diiris
  • 2 cm jahe iris tipis
  • 7 buah cabe rawit diiris
  • 6 sdm kecap asin bango
  • 1 buat tomat besar, potong 4 bagian
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir atau merah secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Memasak daging kambing praktis

  • Siapkan wajan dan beri minyak. Panaskan
  • Tumis bumbu halus sampai wangi
  • Tambahkan cabe rawit, jahe dan semisalnya
  • Masukkan daging kambing
  • Tambahkan air
  • Tambahkan kecap, gula, garam dan merica secukupnya
  • Tutup dan diamkan selama beberapa menit
  • Tambahkan penyedap rasa, cicipi
  • Sajikan dengan taburan bawnag goreng dan nasi putih hangat

Nah, itulah cara masak daging kambing praktis yang jadi inspirasi saya kali ini. Semoga bermanfaat bunda semua. Sampai jumpa dalam kesempatan yang akan datang. Salam.

Resep Sate Padang Asli yang Mudah dan Enak

Resep kuah sate padang sederhana –  Salah satu kegemaran saya ketika di Kalimantan adalah makan sate padang. Karena menurut saya khas banget. Beda jauh dengan sate di jawa. Karena itu, menjelang lebaran idul adha, saya ingat kembali. Dan saya coba siapkan resep sate padang daging kambing.  Memang ngga biasa sih, karena sate padang biasanya dengan daging sapi atau hati sapi.

Cara membuat sate padang asli

Ada temen yang tanya, kalau mau bikin sate padang, memangnya kuah sate padang terbuat dari apa? saya pun cuma tersenyum. Sebenarnya jika mau diperhatikan, ketika makan sate padang kita bisa tahu kok bahannya. O, ya, bunda. Kalau sate padang, ada banyak ragamnya, mulai resep sate padang pariaman sampai daerah lain. Kali ini saya akan buat yang umum saja. Simak yuk!

Bahan:

  • 500 gr daging  kambing
  • Tusuk sate

Resep kuah sate padang asli :

  • 1/4 sdt jintan
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 9 buah cabe
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 batang serai geprek
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 ruas jari lengkuas geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 buah asam kandis
  • 50gr tepung beras
  • 1 sdm tepung sagu

Cara Membuat Sate Padang Asli:

  • Rebus daging bisa juga dipotong baru direbus. Jangan buang air rebusan
  • Tusuk daging sisihkan.

Buat kuahnya:

  • Ulek semua bumbu halus kecuali tepung sagu dan beras
  • Kalau sudah matang, tambahkan air kaldu sedikit
  • Tambahkan sagu dan tepung beras, tambahkan air lagi aduk. Masak dengan api kecil
  • Jika sudah meletup angkat.
  • Bakar satenya, sajikan dengan taburan bawang goreng

Selesai sudah ulasan cara membuat sate padang asli plus kuahnya. Untuk bumbu kuah sate padang, bisa disesuaikan, bund. Misal ngga pengen kuning, ngga usah pakai kunyit. Oke, sampai di sini dulu informasi yang bisa saya sajikan. Sampai jumpa lagi. Salam.

Resep Sayur Lodeh Praktis dan Mudah Dibuat

Resep sayur lodeh terong – Makan siang masak sayur apa bunda? kalau belum ada ide, saya berikan, inspirasi. Siapa tahu cocok untuk bunda semua. Sayur lodeh, secara sekilas orang menyebut sebagai makanan khas Jawa Tengah. Namun tidak kok. Dia banyak asalnya, memang sih punya ciri-ciri sendiri. Kali ini saya akan hadirkan yang praktis dan tentu saja mudah untuk dipraktekkan.

Nah, secara sekilas sih resep sayur lodeh jawa tengah banget. Walau saya tidak akan menyebutkannya. Tapi, alangkah baiknya kita praktekkan saja. Semoga saja inspirasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua, bunda. Dan semoga bisa menjadi menu terbaik di hari ini. Sudah tidak sabar? mari kita praktek.

Bahan:

  • 3 buah wortel
  • 1/2 labu siam
  • 1/4 pepaya muda
  • 3 buah terong
  • 10 lembar daun melinjo
  • 2 buah kacang panjang
  • 7 buah tahu coklat
  • 1 buah santan kara
  • 5 buah cabe merah di iris
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Air
  • Mnyak goreng

Bumbu Halus:

  • 5 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 3 buah kemiri

Cara membuat:

  • Potong dan bersihkan semua bahan
  • Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan bahan sampai layu dan tambahkan santan
  • Tambahkan air secukupnya
  • Didihkan. Tes rasa dan beri penyedap

Sajikan dengan sambal pedas atau tahu goreng atau ikan goreng. Dengan begitu, bunda sudah praktek cara membuat sayur lodeh khas jawa tengah yang praktis dan mudah. Sekarang, kita praktek saja. Jangan lupa klik share. Sampai jumpa lagi pada kesempatan berikutnya. Salam.

Resep Rawon Daging Kambing Jawa Timur yang Praktis

Cara memasak rawon dengan bumbu jadi – Salah satu olahan daging kambing paling enak adalah sate. Iya, ngga ada yang menyangkal. Namun, banyak dari kita yang menyukai rawon. Makanan khas Jawa Timur itu, menjadi idola. Biasanya rawon dimakan bersama dengan telur asin. Nah, kali ini saya akan ajak bunda untuk membuat rawon daging kambing dengan bumbu instan.

Resep rawon daging khas Jawa Timur

Out of the box, biasanya resep rawon daging sapi, tapi kali ini kita akan bikin dari daging kambing. Enak ngga sih? dijamin enaklah. Karena yang masak kan ahlinya, hehe…. oke bunda. Daripada panjang lebar, kita simak saja yuk ide olahan daging kambing yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Bahan:

  • 500 gram daging kambing
  • 2 batang daun bawang
  • 10 buah cabe rawit merah
  • Bawang goreng
  • 1 buah tomat
  • 2 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang daun sereh
  • Air secukupnya
  • minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 1 bks royco sapi
  • 1 buah kluwek
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 1cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 buah kemiri
  • 1 bks bumbu rawon bamboe

Cara Membuat Rawon kambing

  • Daging potong dan bersihkan
  • Rebus dengan air sampai mendidih
  • Masukkan bumbu halus
  • Masukkan 1 bks bumbu instan rawon
  • Aduk, tambahkan gula, merica dan garam serta royco
  • Cicipi, kalau sudah pas diamkan sampai mendidih
  • Sajikan dengan taburan bawang goreng

Nah, kalau bunda mau pakai untuk resep rawon ayam, tinggal ganti saja dagingnya. Mudah bukan? sekian dulu cara memasak rawon dengan bumbu instan, bunda. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.