Koleksi Resep Olahan Daging Kambing Masakan Idul Adha yang Enak Namun Sederhana

Resep idul adha daging sapi –  Idul adha biasanya daging kambing melimpah. Saking banyaknya sampai bingung mau masak apa. Bunda sekalian pernah merasakannya, bund? kalau iya, berarti sama dengan saya, hehee… Nah, kali ini menghadapi idul Adha, daripada bingung besoknya, saya mencoba merangkum resep olahan daging sederhana.

Ada perasaan ingin hadirkan resep masakan lebaran tanpa santan, bund. Namun kayaknya ngga keren deh kalau segmented gitu. Makanya, saya pun rangkum umum saja deh. Nah tentu saja semua inspirasi yang saya hadirkan adalah seputar cara masak daging kambing praktis. Menarik, kan, bund? kalau begitu kenapa berlama-lama, kita masuk saja ke intinya yuk! selamat menyimak!

Olahan Daging Kambing yang Simpel dan Mudah

1. Resep Sop Kambing Mudah dan Simpel

Ngga usah ribet, sop kambing yang akan saya hadirkan ini simpel banget bund. Serius. Ngga percaya mari simak saja selengkapnya, deh. Mulai dari bahan.

Bahan:

  • 300 gram daging kambing
  • 1/2 kg kentang
  • 3 wortel ukuran sedang
  • 1 ikat sledri
  • 1000 Ml air bersih

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung kemiri
  • 1 sdt merica

Cara Membuat:

  • Panaskan air dan rebus daging kambing dengan api sedang
  • Setelah 10 menit masukkan juga kentang, wortel
  • Diamkan sampai benar-benar matang
  • Tambahkan sledri
  • Kalau kentang sudah lunak, berarti matang
  • Sajikan bersama bawang merah goreng

Simpel bukan, bunda? dengan resep sesimpel ini acara idul Adha akan semakin bermakna. Jangan lupa disebarkan, ya! yuk pindah ke resep berikutnya.

2. Resep Oseng-oseng Kambing Praktis dan Mudah

sate goreng empuk

Ngga kalah ringkas dan praktis dari sop kambing, bunda hanya perlu menyiapkan beberapa hal kecil saja untuk membuat oseng-oseng ini. Kadang disebut juga dengan resep sate goreng. Meski bagi saya lebih cocok resep oseng-oseng daging. Oke, ikuti caranya, bund.

Bahan:

  • 300 gram daging kambing
  • 3 buah tomat iris kotak
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt merica
  • 3 buah kemiri
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 bks santan kara

Cara Membuat:

  • Iris daging jadi sesuai selera
  • Kemudian panaskan wajan beri minyak
  • Tumis bumbu halu sampai harum
  • Masukkan tomat yang sudah diiris
  • Masukkan daging, aduk sampai berubah warna
  • Masukkan kecap manis
  • Masukkan santan kara
  • Aduk kembali
  • Diamkan sampai matang tapi dan kuahnya kering

Hemm lezatnya. Kira-kira idul adha kali ini sanggup makan berapa piring, bunda? semoga resep sate kambing goreng ini bermanfaat. Dan jangan lupa share.

3. Resep Soto Kambing Mudah ngga Pakai Ribet

Tahun lalu, kurban dapat kepala, sampil, dan beberapa bagian. Kalai yang daging sih mudah digarap, bund. Nah kalau kepala? akhirnya setelah dibakar hingga bulu hilang, suami punya ide bikin soto. Ide itu hadir setelah kepala berhasil dipecah-pecah, bun. Begini bahan dan bumbunya.

Bahan:

  • Kepala kambing, iris bagian daging dan kulit
  • 2000 ml air
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 btg sereh
  • 3 cm jahe
  • 3 btr kapulaga
  • 4 cm kayu manis
  • 4 btr cengkih

Bumbu Halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 4 kemiri
  • 2 sdt merica
  • 1/2 sdt jinten
  • 10 lbr daun jeruk

Cara Membuat:

  • Rebus kepala dan dagingnya dengan air bersama dengan jahe dan yang lain
  • Kalau sudah mendidih, masukkan bumbu halus
  • Tanpa penyedap rasa sudah gurih kok, bund. Serius
  • Sajikan panas bersama sambal

4. Resep Tumis Daging Kambing Lombok Ijo

Kesannya jawa banget ya, bund? lombok ijo. Memang iya. Kali ini lebih simpel deh bund, bumbunya. Ngga usah pake lama mari kita simak saja selengkapnya.

Bahan:

  • 300 gram daging kambing iris tipis
  • 200 gram cabe ijo
  • 2 buah tomat
  • 2 sdm kecap manis

Bumbu Halus:

  • 7 siung bawang putih iris tipis
  • Daun salam
  • 1 btg sere

Cara Membuat:

  • Tumis irisan bawang sampai harum
  • Masukkan daging
  • Tambahkan tomat kemudian aduk
  • tambahkan kecap manis, daun salam dan sere
  • Masak dengan api kecil

5. Resep Daging Kambing Saus Saori

Nah, yang ini ngga kalah simpel bund. Selain bumbunya mudah, soal rasa ngga bisa dianggap remeh. Mari simak selengkapnya saja dalam ulasan yang sudah disiapkan.

Bahan:

  • 200 gram daging kambing iris kecil
  • 100 gram cabe rawit iris tipis
  • 1 sdt saori saos tiram
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 kemiri

Cara Membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan daging dan aduk kembali
  • Tambahkan saori
  • Tambahkan juga kecap manis
  • Terakhir masukkan cabe rawit
  • Aduk sampai tercampur
  • Tambahkan penyedap jika suka

Sepertinya lebaran idul adha kali ini ngga bakalan nganggur deh. Karena banyak banget resep yang saya siapkan, hehee. Semoga bermanfaat bunda semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.


Loading...
Koleksi Resep Olahan Daging Kambing Masakan Idul Adha yang Enak Namun Sederhana | admin | 4.5