Resep Sop Kaki Kambing Kuah Santan yang Empuk dan Lezat

Resep sop kambing betawi susu – Idul adha, daging kambing melimpah, ngga usah takut bund. Saya punya ide, bagaimana jika kita pakai resep olahan kaki kambing yang enak dan lezat. Tentu saja, yang sudah pasti banyak orang suka. Seperti yang bunda lihat pada judul, kali ini kita akan olah kakinya, bukan dagingnya.

Kadang disebut dengan resep gulai kaki kambing. Namun saya lebih suka menyebutnya sebagai sop. Jika bunda ngga suka dengan santan atau susu, bunda bisa simak resep sop kaki kambing kuah bening yang sudah saya hadirkan kemarin. Nah, sekarang mari kita masuk saja ke ulasan yang sudah saya siapkan.

Bahan:

  • 4 atau 2 kaki kambing, bersihkan dan kuliti
  • 1000 ml santan cair
  • 3 sdm gula pasir

Bumbu Halus:

  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt saus tiram
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Kaldu dari rebusan kaki + air
  • 9 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih

Cara Membuat:

  • Rebus kaki yang sudah dibersihkan selama 30 menit sampai keluar minyak
  • Tumius bumbu halus, masukkan ke rebusan kaki kambing
  • Tambahkan santan cair aduk
  • Kalau sudah mendidih tambahkan merica, kecap, saus tiram dan yang lain
  • Cicipi, kalau sudah pas, diamkan sampai benar-benar mendidih
  • Sajikan dengan nasi panas

 

Oke bunda semua, resep sop kaki kambing sajian sedap sudah selesai. Selamat mencoba. Jangan lupa bagi ke tetangga, ya! sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Resep Sop Kaki Kambing Bening yang Empuk dan Praktis

Resep sop kaki kambing kuah santan – Beberapa waktu yang lalu, saya sempat baca ulasan di blog. Katanya resep sop kaki kambing tiga saudara banyak banget yang mencari. Apa sih istimewanya? selidik punya selidik ternyata dia adalah menu dari rumah makan di Jakarta. Tepatnya di sop kaki kambing tiga saudara East Jakarta City, Jakarta. Jujur bun, kalau saya ngga begitu doyan, karena dia pakai kuah susu. Nah, berangkat dari penasaran itu, saya pun bikin sendiri. Yang praktis, murah, sederhana.

Cara membuat sop kaki kambing yang praktis dengan tanpa santan atau susu

Pada seri aneka olahan kaki kambing kali ini, saya ngga memakai banyak bumbu. Karena, saya ingin memanfaatkan kaldu dari kaki kambingnya, sehingga saya akan mempersempit adanya penyedap. Bisa kok, bund. Tenang saja, karena dia mengandung protein alami. Jadi, kalau kaldunya keluar, dia akan terasa gurih meski ngga pakai vetsin. Oke, kita mulai saja yuk, bunda. O, ya, sedikit tips cara membersihkan kaki kambing, biar bersihnya mantap bunda harus membakarnya dulu.

Bahan:

  • 4 Kaki kambing. Bersihkan dan kuliti daging atau kulitnya
  • 3 cm kayu manis
  • 5 btr cengkih
  • 3 bunga lawang

Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 sdt merica
  • 1 Sereh
  • 3 cm jahe

Cara Membuat Sop Kaki Kambing kuah bening

  • Kaki kambing yang sudah dibersihkan digodog dengan panci dan perbanyak air
  • Kalau sudah setengah matang, masukkan bumbu halus
  • Sereh digeprek begitu juga jahe, masukkan
  • Cengkih, bunga lawang dan kayu manis juga masukkan
  • Masak 2 jam sampai berminyak dan kikil sudah empuk
  • Sajikan dengan sambal kecap dan kerupuk serta nasi hangat

Oya, cara membersihkan bulu kambing dengan mudah bisa disimak pada video di bawah ini. Gampang-gampang susah sih kalau soal yang satu ini. Semoga dengan tips di bawah ini, bisa bermanfaat deh untuk bunda semua.

Selesai sudah, sekarang waktunya praktek, bunda. Semoga bermanfaat bunda. Salam masak! dan selamat berhari raya kurban. Jangan lupa share ya, bund. Karena sharte bunda tentu akan bermanfaat untuk yang lain.

Resep Soto Daging Kambing Bening ala Solo yang Praktis dan Gurih

Resep soto daging sapi Jawa Tengah – Soto memang identik dengan daging sapi dan ayam. Tapi apa jadinya jika soto memakai daging kambing? jangan bilang ngga enak, ya, karena belum mencoba. Justru daging kambing yang dibuat soto lebih maknyus, kok. Nah, dalam resep olahan daging kambing kali ini, saya akan hadirkan cara mengolah daging kambing praktis, bund.

Soto daging kambing

Kali ini kita memang akan berkutat seputar jawa, bund. Dan selain Solo, saya juga pernah hadirkan resep soto daging sapi madura. Nah, gimana sih bumbu soto jawa bening. Makanya, kita masuk saja ke inti ulasan biar lebih hemat dan ngga banyak basa-basi. Bagaimana, bunda? sudah siap? tips ini bisa juga bunda gunakan untuk resep lain, misal daging ayam.

Bahan:

  • Kayu manis
  • 3 ruas kayu manis
  • 500 gr daging sapi
  • 4 helai daun salam
  • 2 batang serai ambil putihnya
  • 1cm lengkuas
  • 5 helai daun jeruk
  • 4 butir cengkeh
  • Air scukupnya
  • 1 sachet royco sapi
  • Minyak secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 7 butir bawang putih
  • 1/3 butir pala
  • 1/2 sdt merica
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt tumbar

Cara Membuat Soto Daging Kambing yang Tidak Prengus

  • Rebus daging kambing bersama jahe, jeruk dan kayu manis
  • Setelah matang angkat dan potong dadu. Masukkan kembali ke kuah
  • Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ke rebusan daging sapi
  • Didihkan kaldu sampai benar-benar empuk
  • Berikan garam dan kalud royco
  • Cicipi, kalau sudah matang dan rasanya cocok angkat
  • Sajikan dengan nasi hangat

Nah, lezat bukan, bunda? O, ya, bumbu ini mirip dengan bumbu soto Lamongan. Jadi ngga usah bingung deh. Bunda bisa mengkreasikan sendiri. Semoga ringkasan mengenai cara membuat Soto daging sederhana ini bermanfaat. Sampai jumpa lagi di kesempatan yang lain. Salam.

 

Resep Soto Betawi Kuah Santan Daging Kambing

Cara membuat soto betawi sederhana – Pusing dapat daging kurban karena banyak banget? yap, saya punya ide, bund. Bagaimana kalau kita coba buat soto saja. Kali ini saya hadirkan ide cara membuat soto kuah santan yang praktis. Bisa bunda baca dalam judul, saya juga merasa kalau soto santan ini cocok banget.

Soto betawi kuah santan

O, ya, beberapa hari yang lalu juga ada yang tanya resep soto betawi paling enak. Saya pun jawab, enak itu kalau tahu bumbu soto betawi asli. Meski bagi saya, enak itu relatif sih. Selain soto betawi, ada juga resep soto betawi bening yang bisa dijadikan rujukan olahan daging kambing. Nah, kali ini saya akan ulas sedikit mengenai hal itu. Jadi, mari kita simak saja selengkapnya.

Bahan:

  • 500 gr daging kambing, cari bagian tanpa lemak
  • 1000 ml santan
  • 3 potong tomat
  • 4 batang daun bawang
  • 3batang daun seledri
  • 1 batang serai
  • 3 cm lengkuas memarkan
  • 4 lembar daun jeruk
  • 6 lembar daun salam

Bumbu Halus:

  • 3 butir cengkeh
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 10 siung bwang merah
  • 7 siung bwng putih
  • 2 sdt mericabutir
  • 2 bh kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 bh kapulaga
  • Penyedap

Pelengkap:

  • Bawang goreng
  • Emping
  • Tomat iris dadu
  • Jeruk nipis

Cara Membuat Soto Kuah Santan

  • Pertama daging rebus sampai lunak bersama bawang putih, daun salam, lengkuas, sereh dan semisalnya
  • Bisa juga dengan dibungkus daun pepaya dulu, kalau mau empuk
  • Angkat daging yang sudah direbus sampai empuk
  • Tumis bumbu halus, tambahkan kapulaga jika sudah wangi, cengkeh, kemudian masukkan ke rebusan daging
  • Tambahkan santan, lada, garam dan juga tomat serta lainnya
  • Hidangkan dengan nasi hangat dan sambal

Aneka olahan daging kambing ini selesai ya, bund. Dan selamat mencoba, semoga idul adha kali ini lebih berkesan. Sampai jumpa pada kesempatan yang lain. O, ya, bisa juga coba resep di bawah ini, bund. Salam.

Resep Soto Kaki Sapi Santan Enak Sederhana

resep soto kaki kambing khas jakarta

Resep sop kaki kambing khas Jakarta – Pernah makan kaki sapi atau kambing bunda? jika pernah, kadang kita merasa masakannya monoton, ya? karena melulu cuma lombok ijo doang. Nah, agar ngga monoton, kali ini saya mau hadirkan resep menarik yang wajib bunda ketahui.

resep soto kaki kambing khas jakarta
Sop kaki kambing dengan santan

Resep soto kikil kaki sapi memang bukan masakan biasa. Kebanyakn ada di daerah Jakarta dan Betawi saja. Kali ini saya ajak bunda untuk praktek daripada beli. Kala itu sih, saya pernah makan tapi lupa. Bersantan kok, bukan kental dan makannya pakaki emping. Enjos tenan. Praktek yuk.

Bahan:

  • 1/2 sdt gula pasir
  • 159 gram gula merah
  • 1 bks masako rasa sapi
  • 2 lbr daun salam, 3 lbr serai, 6 lbr daun jeruk
  • Penyedap
  • 1 kg kaki sapi yang sudah dipresto
  • 500 ml santan cari
  • 8 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh ketumbar halus
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm jahe dan kunyit
  • 2 bks lada kasar
  • 3 bks ebi
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • 6 buah cabe rawit merah keriting
  • 3 batang daun bawang dan tomat
  • Bawang goreng

Cara Membuat:

  • Kaki sapi yangs udah dipresto, iris bagian luar atau kulit
  • Jika sudah selesai semua, siapkan wajan dengan minyak dan tumis bumbu halus
  • Lalu masukkan kikil kaki sapi dan tambahkan santan cair
  • Aduk dan diamkan sampai mendidih. Tes rasa
  • Jika sudah matang, sajikan dengan nasi hangat.

Sampai di sini dulu bunda. Selamat praktek saja. Jangan lupa share informasi ini agar lebih banyak yang tahu. Semoga prakteknya lancar dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Resep Sop Manten Solo Asli

Resep sop manten sederhana – Biasanya, hadir di acara pernikahan, dan Sop manten ini gurih banget. Konon ini adalah masakan khas dari Solo, Klaten dan sekitarnya. Nah, bunda yang sudah biasa makan ini atau bunda yang berasal dari Jawa Tengah, tentu kangen dengan masakan ini.

Kali ini saya akan ajak bunda berkreasi mengenai sop manten yang sudah mulai langka. Mudah kok bunda, tinggal ikuti saja petunjuk di bawah ini. Apalagi bunda semua tentu sudah terbiasa dengan acara masak memasak. Yuk langsung saja bunda. Semoga bermanfaat.

Bahan:

  • Makaroni (saya skip karena nggak ada)
  • Jamur putih (saya skip)
  • Kentang, iris tipis lalu goreng (saya skip juga)
  • Bawang merah goreng untuk taburan
  • 1/2 ekor ayam kampung rebus dengan air, menggunakan api kecil hingga matang dan keluar kaldunya,
  • sisihkan air kaldunya, ayamnya disuir untuk isian nanti
  • Wortel secukupnya potong menggunakan pisau bergerigi, rebus
  • Kembang kol, potong sesuai tangkainya, rebus
  • Kapri rebus
  • Seledri iris untuk taburan
  • Daun bawang iris 1 cm untuk taburan
  • Galantin (resep di bawah)

Bumbu:

  • Bawang bombay cincang halus
  • Bawang merah iris tipis
  • Bawang putih ulek
  • 1 buah pala utuh
  • Lada
  • Garam
  • Gula sedikit (sebagai pengganti micin)

Cara Membuat Gelatin:

  • Campur semua bahan sampai rata.
  • Letakkan 1 lembar dadaran telur, taruh adonan galantin di atasnya lalu gulung.
  • Pindahkan ke atas selembar daun pisang, bungkus seperti lontong, sematkan ujungnya menggunakan lidi atau tusuk gigi.
  • Kukus sampai matang kurang lebih 30 menit.

Cara Penyelesaian:

  • Tumis semua bawang sampai harum dan agak kering
  • Masukkan air kaldu
  • Masukkan pala, lada, gula, garam
  • Sambil menunggu kuah matang, tata isian ke dalam mangkok atau piring
  • Test rasa kuahnya sebelum diangkat
  • Tuang kuah ke dalam isian sambil disaring
  • Taburi dengan bawang goreng, seledri dan daun bawang

Selamat mencoba bunda. O, ya, resep ini kiriman dari pengunjung, namanya Mbak Riztitta. Jadi, kredit dari resep ini milik beliau. Bunda harus fahami, ya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share informasi ini. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya. Salam.

Ide Masakan Murah dan Lezat Praktis dengan Resep Sayur Sop Ceker

Resep sayur sop praktis dan mudah– Nah, jika memang sedang mencari resep masakan yang lezat namun murah, kali ini bunda bisa coba resep dari saya. Resep ini simple, mudah, tentu saja tidak ribet. Bahkan bisa dibuat semua orang. Oke, masakan ini juga menyehatkan, kok.

Selain sup ceker, ada juga resep sayur sop telur puyuh. Bahkan sop ayam kampung. Bagi saya sih, semuanya sama. Hanya dari bahannya saja yang beda. Monggo, bunda, kita langsung saja ke intinya. Semoga bisa menginspirasi kita semua.

Bahan:

  • 500gram ceker ayam. Bersihkan
  • 100 gram kubis
  • 1 buah wortel
  • 1 daung bawang
  • Slederi

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt kemiri
  • 3 btg cabai rawit

Cara membuat:

  • Siapkan bumbu halus.
  • Potong wortel bulat
  • Daun bawang dan sledri potong
  • Siapkan panci berisi air panas. Masukkan ceker. Rebus sampai matang
  • Kemudian tambahkan kubus dan sayuran lainya
  • Tambahkan juga bumbu halus. Rebus lagi sampai matang
  • Tes rasa, kemudian tambahkan masako
  • Siap dihidangkang

Nah, sup ayam sudah siap disajikan. Semoga ringkasan mengenai resep sop ayam ini bisa jadi rujukan menarik untuk bunda semua. Mari kita akhiri dengan praktek. Perut sudah lapar, bun. Hehe. Semoga bermanfaat dan jangan lupa klik share.

Ide Makan Siang Murah dan Enak: Resep Sop Ayam Pak Min Klaten

Resep Sop Ayam Pak Min Klaten – Sop Ayam memang enak. Dan saya juga suka banget bunda. Tapi yang namanya Sop ayam Pak Min Klaten, bunda pernah? o, itu sih juara. Kuahnya biasa segar dan enak banget. Kabarnya untuk bisa jualan seperti itu, Bunda harus ikut franchsise di sana. Dan harganya mahal lo. Kali ini saya akan hadirkan resep sop ayam praktis dan mudah banget. Selain mudah, dia ngga kalah dengan sop ayam Pak Min Klaten. Rasanya gurih dengan kuah kaldu yang enak. Kabar baiknya, semua itu bisa Bunda praktekkaan dengan mudah dan praktis.

Sebenarnya, Pak Min termasuk dalam  resep sop ayam sederhana. Karena memang begitu, tidak banyak bumbu dan tidak banyak otak-atik. Sekarang, jika Anda ingin sarapan atau makan siang yang enak dan praktis? mungkin yang satu ini akan mudah untuk Anda semua. Dan tentu saja, resep ini bisa dipraktekkan kapan saja. Ayam yang akan dipakai, bisa dengan ayam kampung, bisa dengan ayam negeri. Pokoknya ayam. Asal jangan dengan ayam palsu saja. Nah, agar lebih cepat mari kita simak saja.

Artikel Terkait: Resep Oseng-oseng Jagung Manis yang Enak dan Praktis

Nah, meski sederhana namun artikel yang akan kami hadirkan termasuk resep sop ayam ala restoran. Memang benarm kok. Enak dan sangat lezat. Kalau dimakan pas siang hari, ketika makan siang, enaknya disajikan dalam keadaan panas.

Resep sop ayam Pak Min

Resep ini bisa langsung dipraktekkan. Silakan cek saja pada list bahan dan bumbunya. Cara memasaknya juga mudah banget. Jadi, jangan sampai tidak paham atau bertanya dua kali. Oke, kita simak segera. Mulai dari bahan dan bumbunya.

Bahan Sop Ayam:

  • 1kg ayam dipotong kemudian cuci bersih
  • 2 batang serai ambil bagian putihnya
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • Air untuk merebus ayam
  • 3 cm kulit kayu manis
  • Gula dan garam secukupnya
  • 1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu:

  • 6 siung Bawang Putih geprek
  • 3 sdm lada
  • 3cm jahe geprek
  • 3 lbr daun salam
  • 2 lb daun jeruk
  • 2 btg serai

Cara memasak:

  • Rebus ayam bersama dengan kayu manis
  • Kemudian tumis baput dan masukkan ke rebusan ayam
  • Lalu tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, jahe dan lada
  • Rebus sampai matang
  • Angkat dan sajikan hangat dengan nasi putih panas.

Nah, sekian informasi mengenai cara membuat sop ayam sederhana. Resep sop ayam Pak Min Klaten praktis ini, bisa langsung Anda praktekkan. Semoga ringkasan ini bermanfaat. Dan jangan lupa untuk dishare. Salam.