Resep Tongseng Kambing Goreng

Resep tongseng kambing Betawi – Dapat daging kurban di hari idul adha, jangan bingung. Ada banyak banget ide yang bisa bunda coba. Nah, di antaranya adalah Tongseng. Kali ini bukan tongseng biasa, bunda. Jika biasanya tongseng identik dengan kuah, kali ini kita akan membuat tongseng daging. Seperti apa sih?tentunya enak banget. Oke, mari kita lanjut ke bumbu tongseng kambing praktis dan mudah.

Tongseng goreng

Saya sendiri, bund, sudah sering pakai resep tongseng kambing tanpa santan. Namun rasanya bosan juga, kalau begitu terus. Jadi sekarang gantilah. Oke, lalu bagaimana caranya? mudah kok. Dengan mengikuti resep di bawah ini, bunda akan bisa bikin tongseng goreng dengan mudah. Yuk simak.

Bahan:

  • Minyak goreng
  • 500 gram daging kambing yang ada tulangnya

Bumbu Halus:

  • 15 butir cabe rawit
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Garam
  • Kecap manis bango

Cara Membuat:

  • Potong daging sesuai selera, rebus 10 menit
  • Tumis bumbu halus, kalau sudah harum masukkan daging
  • Tambahkan kecap dan garam
  • Tambahkan air. Kalau sudah surut dan keluar minyak angkat
  • Sajikan dengan nasi panas

Oke bunda. Sampai di sini dulu informasi resep tongseng kambing tanpa santan. Semoga bisa jadi inspirasi olahan daging kambing di idul adha. Sampai jumpa dalam kesempatan berikutnya. Salam.

 

Resep Sop Kaki Kambing Kuah Santan yang Empuk dan Lezat

Resep sop kambing betawi susu – Idul adha, daging kambing melimpah, ngga usah takut bund. Saya punya ide, bagaimana jika kita pakai resep olahan kaki kambing yang enak dan lezat. Tentu saja, yang sudah pasti banyak orang suka. Seperti yang bunda lihat pada judul, kali ini kita akan olah kakinya, bukan dagingnya.

Kadang disebut dengan resep gulai kaki kambing. Namun saya lebih suka menyebutnya sebagai sop. Jika bunda ngga suka dengan santan atau susu, bunda bisa simak resep sop kaki kambing kuah bening yang sudah saya hadirkan kemarin. Nah, sekarang mari kita masuk saja ke ulasan yang sudah saya siapkan.

Bahan:

  • 4 atau 2 kaki kambing, bersihkan dan kuliti
  • 1000 ml santan cair
  • 3 sdm gula pasir

Bumbu Halus:

  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt saus tiram
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Kaldu dari rebusan kaki + air
  • 9 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih

Cara Membuat:

  • Rebus kaki yang sudah dibersihkan selama 30 menit sampai keluar minyak
  • Tumius bumbu halus, masukkan ke rebusan kaki kambing
  • Tambahkan santan cair aduk
  • Kalau sudah mendidih tambahkan merica, kecap, saus tiram dan yang lain
  • Cicipi, kalau sudah pas, diamkan sampai benar-benar mendidih
  • Sajikan dengan nasi panas

 

Oke bunda semua, resep sop kaki kambing sajian sedap sudah selesai. Selamat mencoba. Jangan lupa bagi ke tetangga, ya! sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Resep Tongseng Kambing yang Praktis dan Enak

Resep tongseng kambing sederhana tanpa santan – Bingung olah daging kambing? tenang bunda. Daging kambing adalah daging paling lembut dan paling enak di dunia. Bahkan, dia adalah daging yang paling disukai oleh nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam. Nah, kali ini kita akan berkreasi dengan olahan kambing. Ingat ya, daging kambing menjadi pemicu kolestero jika bumbunya penuh dengan kolesterol juga.

Cara Membuat tongseng kambing yang simpel dan enak

Kali ini kita ngga akan buat praktek resep tongseng kambing santan. Karena santan itulah yang akan menjadikan daging berubah menjadi pemicu kolesterol. Makanya, kita akan buat tongseng sesederhana mungkin. Bahkan kita bisa meminimalkan pengeluaran lo, dengan olahan ini. Oke, bunda semua. Ngga perlu panjang lebar lagi, mari kita simak selengkapnya praktek dari resep tongseng kambing khas solo. Karena Solo ngga pakai santan.

Bahan:

  • 500 gram daging kambing. Bebas, ngga harus yang bagus. Malahan dicampur dengan lemak juga ngga papa
  • 1 buah kol atau kubis ukuran sedang. Iris tipis
  • 2 buah tomat merah dan hijau
  • Sledri secukupnya
  • Bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu Halus:

  • 1/2 sdt Lada
  • 1/2 sdt Jinten bisa pakai jinten bubuk
  • 1/2 sdt Ketumbar bubuk
  • 1/4 Biji pala bubuk
  • 1 buah Kapulaga
  • 4 butir Kemiri
  • 4 sdm kecap manis
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya karena untuk bumbu

Cara Membuat Tongseng Kambing tanpa santan

  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan daging yang sudah dipotong
  • Aduk sampai daging berubah warna agak coklat
  • Tambahkan kecap manis, bumbu seperti garam, dan semisalnya
  • Tambahkan air
  • Tunggu sampai matang
  • Sajikan dengan nasi hangat dan cabe rawit

Kalau ingin cita rasa pedas, bunda bisa menjadikan resep di atas menjadi resep tongseng kambing pedas. Tinggal tambahkan cabe saja atau bubuk cabe. Mudah kok. Selamat mencoba bunda. Semoga hari-hari bunda semua menyenangkan.

Resep Sop Kaki Kambing Bening yang Empuk dan Praktis

Resep sop kaki kambing kuah santan – Beberapa waktu yang lalu, saya sempat baca ulasan di blog. Katanya resep sop kaki kambing tiga saudara banyak banget yang mencari. Apa sih istimewanya? selidik punya selidik ternyata dia adalah menu dari rumah makan di Jakarta. Tepatnya di sop kaki kambing tiga saudara East Jakarta City, Jakarta. Jujur bun, kalau saya ngga begitu doyan, karena dia pakai kuah susu. Nah, berangkat dari penasaran itu, saya pun bikin sendiri. Yang praktis, murah, sederhana.

Cara membuat sop kaki kambing yang praktis dengan tanpa santan atau susu

Pada seri aneka olahan kaki kambing kali ini, saya ngga memakai banyak bumbu. Karena, saya ingin memanfaatkan kaldu dari kaki kambingnya, sehingga saya akan mempersempit adanya penyedap. Bisa kok, bund. Tenang saja, karena dia mengandung protein alami. Jadi, kalau kaldunya keluar, dia akan terasa gurih meski ngga pakai vetsin. Oke, kita mulai saja yuk, bunda. O, ya, sedikit tips cara membersihkan kaki kambing, biar bersihnya mantap bunda harus membakarnya dulu.

Bahan:

  • 4 Kaki kambing. Bersihkan dan kuliti daging atau kulitnya
  • 3 cm kayu manis
  • 5 btr cengkih
  • 3 bunga lawang

Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 sdt merica
  • 1 Sereh
  • 3 cm jahe

Cara Membuat Sop Kaki Kambing kuah bening

  • Kaki kambing yang sudah dibersihkan digodog dengan panci dan perbanyak air
  • Kalau sudah setengah matang, masukkan bumbu halus
  • Sereh digeprek begitu juga jahe, masukkan
  • Cengkih, bunga lawang dan kayu manis juga masukkan
  • Masak 2 jam sampai berminyak dan kikil sudah empuk
  • Sajikan dengan sambal kecap dan kerupuk serta nasi hangat

Oya, cara membersihkan bulu kambing dengan mudah bisa disimak pada video di bawah ini. Gampang-gampang susah sih kalau soal yang satu ini. Semoga dengan tips di bawah ini, bisa bermanfaat deh untuk bunda semua.

Selesai sudah, sekarang waktunya praktek, bunda. Semoga bermanfaat bunda. Salam masak! dan selamat berhari raya kurban. Jangan lupa share ya, bund. Karena sharte bunda tentu akan bermanfaat untuk yang lain.

Resep Gule Daging Kambing yang Enak dan Simple

Cara membuat gulai kambing yang empuk –  Lebaran haji atau idul Adha, biasanya daging kambing melimpah. Makanya bingung mau masak apa? bagaimana kalau kita masak gulai saja, bund? rasanya menarik deh. Karena gulai juga mudah dibuat kok. Selain itu sudah sangat wajar kalau daging kambing dimasak gule. Nah kali ini kita akan memakai resep gulai kambing sederhana.

Resep Gulai Kambing Pedas dan enak

Sebenarnya ada banyak banget cara membuat gulai kambing yang enak dan lezat. Mulai dari resep gulai kambing arab, sampai versi jawa. Baik jawa timur atau semisalnya. Nah, dalam kesempatan kali ini kita ngga akan neko-neko, bund. Hanya asal jadi, tentu saja dengan bumbu gulai kambing sederhana yang sudah kita siapkan. Yuk mulai saja!

Bahan:

  • 500 gram daging kambing berikut tulangnya
  • 1 butir kelapa, parut
  • 4 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 3 buah tomat, potong-potong
  • 5 buah cabai rawit, potong-potong
  • 5 cm kayumanis
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sdm bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 10 buah cabe merah
  • 8 buah cabe rawit
  • 1/4 sdt jintan bubuk
  • 1 bks bumbu gule instan

Cara Membuat:

  • Rebus daging. Kemudian potong sesuai selera atau bisa potong kemudian rebus
  • Air rebusan atau kaldu jangan dibuang
  • Tumis bumbu halus masukkan ke dalam rebusan daging
  • Panaskan sambil diaduk
  • Masukkan santan aduk jangan sampai santan pecah
  • Tambahkan kayu manis dan semisalnya
  • Tambahkan 1 bks bumbu gule instan
  • Masukkan penyedap rasa
  • Sajikan panas bersama nasi putih panas

Oke, lezat bukan? aneka olahan daging kambing sajian idul adha sampai di sini dulu. Semoga resep gulai kambing praktis dan simpel ini bermanfaat. Sampai jumpa di kesempatan yang akan datang. Salam.

Resep Cara Membuat Rendang Kambing Empuk dan Praktis

Bumbu rendang padang spesial – Biasanya rendang dibuat dari daging sapi, bund. Kali ini bagaimana kalau kita bikin dari daging kambing saja? Apa sih rendang? rendang adalah makanan khas dari Sumatra Barat yang dibuat dengan daging, dimasak dengan santan kental. Dan di dimasak selama berjam-jam. Rendang juga makanan istimewa, karena masuk dalam makanan paling enak di dunia. Wajar jika banyak orang memburu resep rendang rendang padang asli.

Rendang daging khas Padang

Ada banyak kreasi rendang. Mulai resep rendang daging sapi kering, cara membuat rendang telur yang enak. Dan juga beberapa lainnya. Meski aslinya rendang hanya dibuat dari bahan daging saja. Nah, kali ini saya ajak bunda membuat rendang daging kambing empuk dan enak. Penasaran? mari kita buat saja. Oya, kita memakai bumbu yang mirip dengan bumbu rendang padang pariaman. Hanya saja dagingnya kambing.

Bahan:

  • 1000 gram daging kambing Has atau tenderlon intinya yang kualitas bagus
  • Santan dari 5 butir kelapa yang tua sangat
  • Garam secukupnya
  • Kaldu sapi secukupnya

Bumbu Rendang Asli Padang

  • 300  gram cabe merah giling
  • 2 ons bawang putih
  • 5 ruas jari jahe
  • 4 ruas jari laos
  • 5 batang serai
  • 6 lembar daun kunyit
  • 10 lembar daun jeruk
  • 6 lembar daun salam
  • 3 butir buah pala ukuran kecil
  • 15 butir cengkeh
  • 3 sdm ketumbar
  • 3 ons cabe rawit hijau
  • 300 gram bawang merah

Cara Membuat Rendang Daging:

  • Ulek bumbu halus
  • Cuci daging sampai bersih kemudian tiriskan dan potong sesuai selera
  • Siapkan wajan. Masak santan jangan sampai pecah. Masukkan bumbu halus. Aduk terus sampai berubah warna
  • Masukkan daging kambing, jika kuah sudah berubah warna
  • Aduk kembali sampai kuah menyusut
  • Masukkan garam dan kaldu
  • Kecilkan api sambil terus diaduk selama 3-5 jam
  • Kalau bumbu sudah kering  angkat dan sajikan

Nah, kreasi olahan daging kambing sudah selesai. Sajikan bersama nasi putih hangat. Semoga cara membuat rendang daging praktis dan mudah ini bermanfaat. Saya akan kembali dengan resep yang lain. Sampai ketemu lagi bunda. Salam.

Resep Soto Daging Kambing Bening ala Solo yang Praktis dan Gurih

Resep soto daging sapi Jawa Tengah – Soto memang identik dengan daging sapi dan ayam. Tapi apa jadinya jika soto memakai daging kambing? jangan bilang ngga enak, ya, karena belum mencoba. Justru daging kambing yang dibuat soto lebih maknyus, kok. Nah, dalam resep olahan daging kambing kali ini, saya akan hadirkan cara mengolah daging kambing praktis, bund.

Soto daging kambing

Kali ini kita memang akan berkutat seputar jawa, bund. Dan selain Solo, saya juga pernah hadirkan resep soto daging sapi madura. Nah, gimana sih bumbu soto jawa bening. Makanya, kita masuk saja ke inti ulasan biar lebih hemat dan ngga banyak basa-basi. Bagaimana, bunda? sudah siap? tips ini bisa juga bunda gunakan untuk resep lain, misal daging ayam.

Bahan:

  • Kayu manis
  • 3 ruas kayu manis
  • 500 gr daging sapi
  • 4 helai daun salam
  • 2 batang serai ambil putihnya
  • 1cm lengkuas
  • 5 helai daun jeruk
  • 4 butir cengkeh
  • Air scukupnya
  • 1 sachet royco sapi
  • Minyak secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 7 butir bawang putih
  • 1/3 butir pala
  • 1/2 sdt merica
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt tumbar

Cara Membuat Soto Daging Kambing yang Tidak Prengus

  • Rebus daging kambing bersama jahe, jeruk dan kayu manis
  • Setelah matang angkat dan potong dadu. Masukkan kembali ke kuah
  • Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ke rebusan daging sapi
  • Didihkan kaldu sampai benar-benar empuk
  • Berikan garam dan kalud royco
  • Cicipi, kalau sudah matang dan rasanya cocok angkat
  • Sajikan dengan nasi hangat

Nah, lezat bukan, bunda? O, ya, bumbu ini mirip dengan bumbu soto Lamongan. Jadi ngga usah bingung deh. Bunda bisa mengkreasikan sendiri. Semoga ringkasan mengenai cara membuat Soto daging sederhana ini bermanfaat. Sampai jumpa lagi di kesempatan yang lain. Salam.

 

Resep Soto Betawi Kuah Santan Daging Kambing

Cara membuat soto betawi sederhana – Pusing dapat daging kurban karena banyak banget? yap, saya punya ide, bund. Bagaimana kalau kita coba buat soto saja. Kali ini saya hadirkan ide cara membuat soto kuah santan yang praktis. Bisa bunda baca dalam judul, saya juga merasa kalau soto santan ini cocok banget.

Soto betawi kuah santan

O, ya, beberapa hari yang lalu juga ada yang tanya resep soto betawi paling enak. Saya pun jawab, enak itu kalau tahu bumbu soto betawi asli. Meski bagi saya, enak itu relatif sih. Selain soto betawi, ada juga resep soto betawi bening yang bisa dijadikan rujukan olahan daging kambing. Nah, kali ini saya akan ulas sedikit mengenai hal itu. Jadi, mari kita simak saja selengkapnya.

Bahan:

  • 500 gr daging kambing, cari bagian tanpa lemak
  • 1000 ml santan
  • 3 potong tomat
  • 4 batang daun bawang
  • 3batang daun seledri
  • 1 batang serai
  • 3 cm lengkuas memarkan
  • 4 lembar daun jeruk
  • 6 lembar daun salam

Bumbu Halus:

  • 3 butir cengkeh
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 10 siung bwang merah
  • 7 siung bwng putih
  • 2 sdt mericabutir
  • 2 bh kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 bh kapulaga
  • Penyedap

Pelengkap:

  • Bawang goreng
  • Emping
  • Tomat iris dadu
  • Jeruk nipis

Cara Membuat Soto Kuah Santan

  • Pertama daging rebus sampai lunak bersama bawang putih, daun salam, lengkuas, sereh dan semisalnya
  • Bisa juga dengan dibungkus daun pepaya dulu, kalau mau empuk
  • Angkat daging yang sudah direbus sampai empuk
  • Tumis bumbu halus, tambahkan kapulaga jika sudah wangi, cengkeh, kemudian masukkan ke rebusan daging
  • Tambahkan santan, lada, garam dan juga tomat serta lainnya
  • Hidangkan dengan nasi hangat dan sambal

Aneka olahan daging kambing ini selesai ya, bund. Dan selamat mencoba, semoga idul adha kali ini lebih berkesan. Sampai jumpa pada kesempatan yang lain. O, ya, bisa juga coba resep di bawah ini, bund. Salam.

5 Ide Resep Olahan Ayam Masakan Lebaran Termudah dan Lezat

Resep opor ayam ketupat lebaran –  Ngga ada yang, tidak suka dengan opor. Padahal, sudah lazim dan bisa didapatkan di lain waktu. Namun, lebaran tidak lengkap rasanya tanpa adanya masakan khas yang satu ini. Nah, kali ini saya akan ajak bunda untuk menyimak resep pilihan yang sudah disiapkan khusus untuk lebaran. Karena memang dia begitu identik dengan lebaran, resep ini tidak akan pernah hilang begitu saja.

Resep opor ayam lebaran yang akan saya sajikan, sudah dicoba kok. Ada setidaknya 5 resep. Mulai dari opor kuning, putih dan intinya semuanya enak. Sekarang, kita akan langsung saja ke intinya, semoga bisa bermanfaat untuk bunda semua. Selamat praktek.

Resep masakan opor ayam khas lebaran

Lebaran ada opor, sudah tentu harus ada ketupat. Nah, agar lebih lengkap selain keduanya sajikan juga acar. Enaknya dimakan bersama dengan keluarga. Dan sanak saudara yang datang dari jauh. Jadi, sempatkan diri demi menyambut mereka semua.

Baca juga: Cara Membuat Ketupat empuk dan kenyal anti basi

Oke, kita akan mulai dari resep yang pertama, agar tidak kelamaan dan tidak membuat penasaran tentunya. Sekarang, mari kita simak saja selengkapnya. Semoga bermanfaat. Resep yang pertema sudah siap untuk dipraktekkan.

1. Resep Opor Ayam lebaran spesial dan Mudah

Ada baiknya bunda menyimak resep yang satu ini. Karena, dia bukan cuma sederhana, namun jelas enak sekali. Nah, untuk Anda yang tidak ingin repot, silakan simak resep ini. Selain bumbunya mudah, juga simpel banget. Enak, gurih, pokoknya simak saja deh resepnya. Mari kita cek Resep Opor ayam sederhana.

2. Resep Opor ayam bumbu kuning

Selain bumbu putih alias ngga pakai kunyit, Opor juga ada yang bumbu kuning. Kali ini, saya hadirkan untuk Bunda semua. Semoga bisa menginspirasi. Bumbunya juga mudah, kok. Karena memang saya sendiri juga ngga suka ribet. Oke, kita cek yuk bunda! Resep Opor ayam kampung spesial.

3. Sup Kimlo Ayam

Bosan dengan yang bersantan. Kali ini saya hadirkan sup nih, bunda. Cara bikinnya cukup ribet sih, tapi hasilnya sangat enak dan dijamin ketagihan. Makanya, jangan sampai dilewatkan. Seperti apa caranya? mari kita simak saja resep sup kimlo Ayam.

4. Ayam Rica-rica pedas

Nah, ini juga bisa jadi ide untuk masak lebaran. Rica-rica ayam ini, sangat enak lo. Dimakan bersama dengan ketupat tentu enak. Nah, apa saja sih bumbunya? mari kita simak saja selengkapnya dalam resep rica-rica ayam pedas.

5. Ayam Pop Padang

Nah, selain yang berkuah, bisa juga dengan ayam goreng. Kali ini ada ayam Pop yang berasal dari Padang, Sumatra Barat. Enak, renyah dan gurih. Jadi, kita akan langsung saja ke intinya deh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa klik share. Resep ayam Pop Padang

Cara Membuat Sate Maranggi Purwakarta yang Empuk dan Anti Gagal

Cara bakar sate yang benar biar empuk –  Ngga enak kalau daging kambing hanya dimasak gule saja. Makanya kreasi olahan daging kambing harus bunda tahu. Kali ini saya akan hadirkan  cara membuat sate Maranggi yang enak dan praktis. Makanya, bunda semua ngga usah cemas lagi deh. Sebab, yang namanya daging kambing aslinya enak banget. Oke bund. Mulai persiapan saja yuk.

contoh sate maranggi

Untuk bisa membuat sate maranggi, bunda harus tahu bumbu sate maranggi asli. Mudah kok. Hanya butuh telaten saja. Makanya, kali ini kita akan sedikit ublek ya, bund. Tenang, biar anak dan suami puas tentunya. Beberapa yang perlu bunda siapkan adalah sebagai berikut. Mari disimak saja langsung, bund.

Bahan:

  • 500 gram daging kambing. Cari bagian has atau tendorlin

Bumbu halus:

  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 cm lengkuas muda
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kencur
  • 4 buah cabe merah besar
  • 1/4 sdt merica butiran
  • 2 sdm ketumbar

Marinade:

  • 4 sdm asam jawa
  • Garam secukupnya
  • 7 sdm kecap manis

Sambal Kecap:

  • 1/2 bks kecap manis bango
  • 3 siung bawang putih iris dan goreng
  • 1/2 sdt merica
  • 4 buah cabe rawit hijau

Cara membuat sate marangi:

  • Daging potong dadu

Buat Marinade:

  • Bumbu halus, asam jawa, kecap campur jadi satu kemudian aduk rata
  • Tuang marinade ke dalam daging kemudian aduk sampai rata. Simpan di lemari es 15-20 menit

Siapkan acar:

  • Tomat, cabe bawang merah potong sesuai selera.
  • Tambahkan garam, gula, cuka makan. Aduk dan simpan di lemari es

Kecap sambal Sate Maranggi:

  • Ulek bawang putih goreng, cabe, merica. Tambahkan kecap manis, aduk hingga rata dan tambahi air jeruk nipis

Langkah terakhir:

  • Tusuk daging. Bakar dengan bara api merah
  • Sajikan dengan sambal kecap dan tomat acar

Pada intinya resep sate maranggi Cianjur, Tasikmalaya dan yang lain sama kok, bund. Ribet ngga? ngga dong. Simple malahan. Dengan adanya kreasi ini, hari raya kurban bunda semua akan semakin menarik. Mari kita praktek!

Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Meresap Bumbunya

Sate Kambing

Bumbu sate kambing sebelum dibakar –  Rasanya ngga asik kalau bikin sate kambing cuma itu saja modelnya. Makanya banyak yang bosan. Apalagi di hari raya kurban, di mana daging sapi, kambing semuanya melimpah. Nah, kali ini saya akan hadirkan racikan bumbu sate yang enak dan ngga biasa.

Dalam cara membuat sate kambing sederhana yang saya hadirkan kali ini, tujuannya hanya bisa bumbu meresap. Karena selama ini kita kalau bikin sate ya cuma asal tusuk saja kemudian dibakar. Inilah kesalahannya. Sehingga kadang ngga empuk dan bumbu ngga meresap. Oke, simak saja yuk cara dan bumbunya.

Bahan:

  • 500 Daging kambing merah
  • Tusuk sate secukupnya
  • Arang. Bisa juga pakai teflon

Bumbu Halus:

  • 3 lembar daun jeruk
  • 7 siung bawang putih
  • 2 sing bawang merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 1/2buah gula jawa
  • 2 batang asam jawa bisa diganti dengan 1/2 sdt cuka
  • 2 cm jahe digeprek
  • 1/2sdt garam
  • 50ml kecap manis
  • 2sdm minyak goreng

Cara Membuat:

  • Haluskan bumbu halus. Kemudian campur dengan daging, beri cuka atau asam jawa. Remas-remas dan beri irisan jahe dan daun jeruk.
  • Diamkan 30 menit, akan lebih baik masukkan ke kulkas
  • Tusuk semua daging Bakar dengan bara api yang merah hingga setengah matang. Olesi dengan sisa bumbu rendaman atau bumbu halus, beri kecap manis dan minyak. Kemudian bakar kembali sampai matang
  • Sajikan dengan kecap, irisan kubis dan tomat serta cabe

Taraaa resep sate kambing Solo sudah selesai. Selamat praktek bunda semua. Semoga bakar satenya memuaskan dan liburannya juga. Sampai di sini dulu, salam.

Resep Sop Iga ala Restauran yang Enak Namun Sederhana

Cara membuat sop iga pedas – Tulang iga yang dibuat sop tentu beda dengan sate atau lainnya. Kuah segar dan juga sayurannya membuat kita makin bertenaga. Makanya banyak yang membuat sup iga kambing untuk diet. Masalahnya, kali ini kita ngga akan bikin dari sapi, bund. Melainkan dari kambing. Iya, karena ini adalah ide olahan daging kambing idul Adha.

Banyak banget varian iga, mulai resep sop iga bakar sampai resep sup daging asam pedas. Semuanya enak dan nikmat, tetapi kali ini kita akan membuat sup atau resep sop iga ala restauran praktis dan mudah. Okelah, ngga usah berlama lagi kita langsung saja ke inti ulasannya, yaitu resep sop iga bening dan enak.

Bahan:

  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt lada
  • 3 sdm minyak atau secukupnya
  • 6 gelas air atau secukupnya
  • 1 kilogram iga kambing
  • 3 buah wortel
  • 7 batang buncis
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 2 siung bawang merah, haluskan

Cara Membuat:

  • Bumbu halus dan bawang bombay tumis sampai harum
  • Tambahkan daun salam dan serai
  • Tambahkan iga dan aduk sampai harum
  • Pindahkan ke panci yang sudah diisi air
  • Ketika sudah matang, masukkan merica, garam, gula
  • Lalu tambahkan buncis, wortel
  • Cicipi, tambahkan penyedap rasa

 

Oke, contoh olahan daging kambing simpel dan mudah sudah selesai. Semoga resep sog daging ini bermanfaat. Jangan lupa sebarkan, sampai jumpa dan salam.

Resep Sambal Goreng Hati Sapi Praktis dan Mudah

Resep sambal goreng

Resep Sambal Goreng Hati Sapi – Nah, bunda semua, apa kabar? pagi sudah hujan. Enaknya bikin sarapan yang lezat, praktis dan murah. Kali ini saya akan ajak bunda untuk praktek masakan favorite saya, dan tentu saja banyak orang. Sanbal goreng memang menarik untuk dimakan sebagai sarapan atau makan siang. Intinya sih dia lauk yang sangat lezat dan sangat menarik untuk dijadikan resep jualan juga. Nah, bagi bunda yang sudah tidak sabar, bisa coba dulu.

Resep sambal goreng

Yang jelas resep sambal goreng hati ini akan menjadi resep paling menarik di pagi ini. Oke, bahannya juga mudah, mau dibuat pedas juga bisa. Jadi mari kita langsung saja ke intinya bunda. Bunda semua sudah siap? simak mulai dari bahan dulu, kemudian cara membuatnya. Agar tidak lupa, bisa ditulis saja di buku. Yuk simak.

Bahan :

  • 2 biji kentang besar kupas, cuci, potong kotak kemudian kentang digoreng setengah matang
  • Hati sapi yang sudah direbus potong kotak
  • 2 btg sereh keprek
  • 1 santan sunkara besar
  • 3 btg salam Laos
  • 3 lbr daun jeruk
  • 2 biji asem diambil airnya
  • Gula merah dan garam secukupnya
  • Bisa ditambah pete

Bumbu:

  • 10 bawang merah
  • 7 baput
  • Cabe sesuai selera
  • 1/3 sdt terasi bakar
  •  1 butir tomat
  • 5 biji kemiri (sangray)

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Tambahkan kentang dan oseng
  • Kemudian tambahkan petai lalu hati sapi
  • Tambahkan air sedikit
  • Aduk dan diamkan
  • Jika sudah empuk tes rasa
  • Siap dihidangkan dengan nasi putih hangat

Sekian informasi mengenai resep sambal goreng hati sapi yang bisa saya hadirkan buat bunda semua. Intinya sih, kalau masak buat enjoy saja. Semoga resep ini bermanfaat untuk bunda semua. Jangan lupa untuk klik share. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam/

Resep Sate kambing Spesial Bumbu Kacang

Resep Sate kambing Madura – Sate di hari raya idul adha adalah wajib. Di manapun biasanya membakar sate. Meski di hari biasa juga mudah didapat, namun hari raya kurban seakan identik. Pada kesempatan yang lalu sudah saya hadirkan kumpulan resep sate kambing mudah dan empuk. Sekarang saya tambah lagi.

sate kambing

Ngga tanya cara membuat sate kambing biar empuk, sebenarnya dengan adanya daun pepaya atau nanas muda, bisa kok dijadikan cara mengempukkan daging sebelum dimasak. Selain itu, perendaman bumbu sate sebelum dibakar yang tepat juga akan membuat daging jadi empuk. Nah, sepertinya bunda semua sudah ngga sabar, ya? mari kita simak selengkapnya saja.

Bahan:

  • 500 gram daging kambing potong kecil atau sesuai selera
  • Arang
  • Tusuk sate

Bumbu sebelum membakar sate :

  • 1/2 sdt ketumbar
  • 100 gram gula merah
  • 5 sdm kecap manis
  • Minyak secukupnya

Bumbu saos kacang sate :

  • 3 siung bawang putih
  • 250 gram kacang goreng
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • 2 sdm kecap

Cara Membuat:

  • Daging yang sudah diiris bungkus dengan daun pepaya, diamkan selama 10 menit
  • Tusuk-tusuk semua daging
  • Siapkan bumbu untuk membakar
  • Bakar sate sambil sesekali diolesi bumbu
  • Lakukan untuk semua sate yang ada
  • Sajikan dengan saos kacang yang ada

Nah, bunda semua, dengan kreasi ini aktifitas nyate ngga akan membosankan deh. Semoga resep sate kambing empuk dan praktis ini bermanfaat untuk kita semua. Salam nyate.

Koleksi Resep Olahan Daging Kambing Masakan Idul Adha yang Enak Namun Sederhana

Resep idul adha daging sapi –  Idul adha biasanya daging kambing melimpah. Saking banyaknya sampai bingung mau masak apa. Bunda sekalian pernah merasakannya, bund? kalau iya, berarti sama dengan saya, hehee… Nah, kali ini menghadapi idul Adha, daripada bingung besoknya, saya mencoba merangkum resep olahan daging sederhana.

Ada perasaan ingin hadirkan resep masakan lebaran tanpa santan, bund. Namun kayaknya ngga keren deh kalau segmented gitu. Makanya, saya pun rangkum umum saja deh. Nah tentu saja semua inspirasi yang saya hadirkan adalah seputar cara masak daging kambing praktis. Menarik, kan, bund? kalau begitu kenapa berlama-lama, kita masuk saja ke intinya yuk! selamat menyimak!

Olahan Daging Kambing yang Simpel dan Mudah

1. Resep Sop Kambing Mudah dan Simpel

Ngga usah ribet, sop kambing yang akan saya hadirkan ini simpel banget bund. Serius. Ngga percaya mari simak saja selengkapnya, deh. Mulai dari bahan.

Bahan:

  • 300 gram daging kambing
  • 1/2 kg kentang
  • 3 wortel ukuran sedang
  • 1 ikat sledri
  • 1000 Ml air bersih

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung kemiri
  • 1 sdt merica

Cara Membuat:

  • Panaskan air dan rebus daging kambing dengan api sedang
  • Setelah 10 menit masukkan juga kentang, wortel
  • Diamkan sampai benar-benar matang
  • Tambahkan sledri
  • Kalau kentang sudah lunak, berarti matang
  • Sajikan bersama bawang merah goreng

Simpel bukan, bunda? dengan resep sesimpel ini acara idul Adha akan semakin bermakna. Jangan lupa disebarkan, ya! yuk pindah ke resep berikutnya.

2. Resep Oseng-oseng Kambing Praktis dan Mudah

sate goreng empuk

Ngga kalah ringkas dan praktis dari sop kambing, bunda hanya perlu menyiapkan beberapa hal kecil saja untuk membuat oseng-oseng ini. Kadang disebut juga dengan resep sate goreng. Meski bagi saya lebih cocok resep oseng-oseng daging. Oke, ikuti caranya, bund.

Bahan:

  • 300 gram daging kambing
  • 3 buah tomat iris kotak
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt merica
  • 3 buah kemiri
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 bks santan kara

Cara Membuat:

  • Iris daging jadi sesuai selera
  • Kemudian panaskan wajan beri minyak
  • Tumis bumbu halu sampai harum
  • Masukkan tomat yang sudah diiris
  • Masukkan daging, aduk sampai berubah warna
  • Masukkan kecap manis
  • Masukkan santan kara
  • Aduk kembali
  • Diamkan sampai matang tapi dan kuahnya kering

Hemm lezatnya. Kira-kira idul adha kali ini sanggup makan berapa piring, bunda? semoga resep sate kambing goreng ini bermanfaat. Dan jangan lupa share.

3. Resep Soto Kambing Mudah ngga Pakai Ribet

Tahun lalu, kurban dapat kepala, sampil, dan beberapa bagian. Kalai yang daging sih mudah digarap, bund. Nah kalau kepala? akhirnya setelah dibakar hingga bulu hilang, suami punya ide bikin soto. Ide itu hadir setelah kepala berhasil dipecah-pecah, bun. Begini bahan dan bumbunya.

Bahan:

  • Kepala kambing, iris bagian daging dan kulit
  • 2000 ml air
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 btg sereh
  • 3 cm jahe
  • 3 btr kapulaga
  • 4 cm kayu manis
  • 4 btr cengkih

Bumbu Halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 4 kemiri
  • 2 sdt merica
  • 1/2 sdt jinten
  • 10 lbr daun jeruk

Cara Membuat:

  • Rebus kepala dan dagingnya dengan air bersama dengan jahe dan yang lain
  • Kalau sudah mendidih, masukkan bumbu halus
  • Tanpa penyedap rasa sudah gurih kok, bund. Serius
  • Sajikan panas bersama sambal

4. Resep Tumis Daging Kambing Lombok Ijo

Kesannya jawa banget ya, bund? lombok ijo. Memang iya. Kali ini lebih simpel deh bund, bumbunya. Ngga usah pake lama mari kita simak saja selengkapnya.

Bahan:

  • 300 gram daging kambing iris tipis
  • 200 gram cabe ijo
  • 2 buah tomat
  • 2 sdm kecap manis

Bumbu Halus:

  • 7 siung bawang putih iris tipis
  • Daun salam
  • 1 btg sere

Cara Membuat:

  • Tumis irisan bawang sampai harum
  • Masukkan daging
  • Tambahkan tomat kemudian aduk
  • tambahkan kecap manis, daun salam dan sere
  • Masak dengan api kecil

5. Resep Daging Kambing Saus Saori

Nah, yang ini ngga kalah simpel bund. Selain bumbunya mudah, soal rasa ngga bisa dianggap remeh. Mari simak selengkapnya saja dalam ulasan yang sudah disiapkan.

Bahan:

  • 200 gram daging kambing iris kecil
  • 100 gram cabe rawit iris tipis
  • 1 sdt saori saos tiram
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 kemiri

Cara Membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan daging dan aduk kembali
  • Tambahkan saori
  • Tambahkan juga kecap manis
  • Terakhir masukkan cabe rawit
  • Aduk sampai tercampur
  • Tambahkan penyedap jika suka

Sepertinya lebaran idul adha kali ini ngga bakalan nganggur deh. Karena banyak banget resep yang saya siapkan, hehee. Semoga bermanfaat bunda semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.