Resep Kue Tradisional Nagasari Hunkwee yang Enak dan Mudah

Resep jajanan murah untuk dijual – Bunda sedang mencari makanan ringan yang mudah dibuat untuk dijual? saya menyarankan nagasarai, bund. Siapa yang ngga kenal. Makanan ini sangat tradisional, namun siapa yang menyangkal kalau dia adalah primadona di kalangan kuliner jajanan pasar? ngga ada, bund. Bunda tentu setuju dengan saya. Kue ini juga sederhana banget. Dalamnya isi pisang dan dibuat dengan cara dikukus.

Cara membuat nagasari nangka

Resep makanan ringan untuk dijual di sekolah yang satu ini juga mudah dibuat. Jadi jika bunda tanya cara membuat nagasari santan yang mudah, jawaban saya inilah dia. Nah, selain mudah, dia termasuk ide jajanan murah meriah lo, bund. Makanya mari kita langsung saja simak ke inti ulasannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Bahan:

  • 4 bungkus tepung hunkwe
  • 300 gr gula pasir
  • 300 ml santan dari 1 butir kelapa  atau 2 bks kara
  • Nangka atau pisang untuk isian
  • 4 lbr daun pandan
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Nagasari Nangka:

  • Langkah pertama campur gula, santan, kemudian masak hingga mendidih. Beri garam dan masak kembali
  • Matikan api jika sudah kental. Masukkan isian berupa nangka dan aduk sampai tercampur
  • Bungkus adonan dengan daun pisang, ukuran satu sampai 2 sendok makan. Lakukan sampai habis. Dinginkan dengan cara dimasukkan ke kulkas.

Nah sampai di sini nagasarinya sudah selesai. Kalau bunda mau praktek resep nagasari tepung beras rosebrand, tinggal Hunkwee yang dipakai dalam resep ini diganti dengan tepung saja. Mudah, bukan? selamat praktek. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

5 Resep Aneka Kue dan Jajan 1000an Praktis untuk Dijual

Resep jajanan serba seribu – Ide jualan untuk anak sekolah ngga akan pernah habis, bunda. Serius. Kali ini saya akan hadirkan 5 resep kue murah meriah untuk dijual. Tentu saja dengan harga murah. Sebab pasarannya juga anak sekolahan. Nah, bagi bunda yang sedang mencari resep jajanan 1000an untuk dijual, maka tepat banget.

Selain 1000an, ada juga kok resep jajanan pasar harga 500. Tapi ngga saya hadirkan kali ini, bund. Lain kali deh. Dan sekarang saya akan hadirkan 5 resep itu. Mulai dari kukusan sampai yang goreng. Ngga hanya sekali, tapi akan terus saya hadirkan ide itu. Semoga bermanfaat bunda. Mari kita simak selengkapnya saja.

Contoh Resep Jajanan Anak Sekolah Terlaris

 

1. Resep Puding Jagung Manis Lapis Coklat

Resep puding yang mudah

Kue murah meriah dan enak, pasti disukai oleh anak. Bahkan jadi buruan. Makanya dalam resep kue murah meriah 1000an kali ini, saya hadirkan yang paling mudah, murah dan psati disukai oleh anak sekolah.

Sesuai dengan judul, siapa sih ngga kenal Puding? puding menjadi makanan masyarakat yang sangat khas. Oleh karena itu, ngga akan menyesal usaha makanan ini. Dan menjadi makanan anak sekolah seribuan. Untuk resepnya cek di Resep Kue Puding Murah dan Enak untuk dijual

 

2.  Resep Es Potong Bubur Ketan Hitam untuk Dijual 1000 Rupiah

Cara membuat es potong

Es potong adalah kesukaan dari anak-anak, makanya ngga akan sepi deh. Dijamin, apalagi jika rumah bunda dekat dengan sekolahan. Nah, resep kue 1000an yang satu ini termasuk jadul. Namun apakah ada yang ngga suka dengan es sampai detik ini? anak kecil, dewasa, semuanya suka.

Untuk resep jajanan anak seribuan yang ini, bisa bunda cek cara membuatnya pada resep es potong

 

3.  Resep Cilok Bumbu Kacang

Resep kue sederhana untuk jualan

Nah, yang satu ini bahkan bisa dijual 500 perak. Tapi kalau mau lebih istimewa jual 1000 an. Dalamnya diisi ayam atau apalah. Nah, resep kue murah meriah untuk usaha yang satu ini selain mudah, juga murah dalam modal.

Oke, sudah jelas bukan? untuk cara membuatnya bisa bunda lihat di cara membuat cilok kuah asli Bandung.

4. Resep Es Gabus Pelangi

es gabus dari bahan Hun kwe

Es lagi, kali ini agak beda. Karena es gabus. Bahannya murah, mudah dibuat lagi. Makanya kalau lagi mencari ide resep jajanan murah untuk dijual di sekolahan, cocok banget. Oke, selain ekonomis juga tahan lama. Ngga mudah basi.

Oke bunda. Kali ini saya akan langsung saja. Untuk resepnya bisa bunda cek pada link Cara Membuat Es Gabus Pelangi Murah

 

5. Resep Singkong Keju

Singkong goreng empuk dan merekah

Nah, ngga kalah menarik dan lezat. Singkong keju memang sudah terkenal banget. Namun kali ini agak beda, karena sebenarnya hanya resep singkong goreng keju yang enak dan merekah.

Singkong goreng ini bisa dijual dengan harga 1000an. Ingat waktu beli di emperan, bunda. 1 singkong goreng bahkan 3000 rupiah. Busyet. Oke bunda. Cek cara membuat singkong goreng merekah untuk resepnya.

Nah, sekian ya, bunda, ide jajanan anak sekolah murah meriah. Menurut saya, semua yang saya hadirkan termasuk dalam resep jajanan anak sekolah yang praktis. Oke, selamat mencoba. Sampai jumpa di kesempatan yang akan datang. Salam.

5 Ide Minuman yang Bisa Dijual Modal di Bawah 30 Ribu

Resep minuman buka puasa untuk dijual – Nah, kali ini saya akan hadirkan ide menarik untuk Bunda, semua. Kali ini ada beberapa model sekaligus. Nah, bagi bunda yang sedang mencari ide untuk dijual, apalagi sekarang bulan puasa maka cocok banget dengan ide yang sudah kami siapkan untuk Anda semua. Oke, Bunda, sudah siap?

Memang sih, saya lebih suka membahas soal ide jualan kue murah seribuan. Namun kali ini kami akan hadirkan juga ide ini untuk resep kue buka puasa untuk jualan. Karena memang setiap bulan ramadhan, akan banyak sekali orang mencari ide. Semoga bermanfaat dan mari kta simak 10 ide yang sudah kami siapkan untuk Anda saja.

O, ya, sebelum kami masuk ke intinya, Bunda perlu pahami kalau apa yang kami hadirkan adalah spesial. Bisnis kue murah memang selalu menjadi trend di manapun dan kapanpun. Makanya, tidak menutup kemungkinan resep ini akan selalu menarik, bahkan akan menjadi sebuah resep populer yang bisa bunda jadikan sebagai rujukan untuk berbisnis. Selain murah dalam modal, ide atau resep ini juga populer banget, ngga akan lekang oleh waktu, serius. Mari kita cek saja.

Resep Minuman Populer untuk Jualan

1. Es Oyen

Ide Minuman yang Bisa dijual di Bulan Puasa yang pertama adalah es Oyen. Es ini sudah terkenal, meski di sebagian daerah belum. Dia bukan hanya menarik, namun cara membuat es oyen juga mudah banget. Makanya, ngga akan menemui kendala berarti deh. Untuk cara membuatnya bisa simak di bawah ini.

Bahan Es Oyen

  • 250 gram gula
  • 100 gram sagu mutiara
  • 50 ml santan kental
  • Agar agar secukupnya
  • Jagung secukupnya
  • Nangka matang secukupnya
  • Kelapa muda secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya

Cara membuat es oyen praktis dan mudah:

  • Pertama kali, silakan rebus gula bersama dengan air hingga mendidih
  • Kedua, Silakan rebus sagu mutiara sampai masak
  • Nah, langkah ketiga, silakan masukan dalam wadah atau gelas agar agar jagung nangka sagu mutiara dan kelapa muda
  • Keempat, silakan tambahkan air gula dan santan kental
  • Masukan es batu dan susu kental manis sesuai selera
  • Es oyen siap dinikmati

2. Es Cappucino Cincau


Pernah melambung dan menjadi trend. Sekarang, masih bisa kok dijual. Bahkan semakin menarik, walau namanya sudah tidak terkenal seperti dulu. Makanya, saya rekomdasikan lagi. Dia tetap laku, bunda. Semoga bermanfaat saja deh. Mari kita simak informasi selengkapnya cara membuat es cappucino Cincau.

Bahan:

  • 1 sachet good day freeze
  • 1 sachet SKM coklat
  • 2 sdm gula
  • 250 ml air matang
  • Es batu Secukupnya
  • Cincau serut  Secukupnya

Cara Membuat:

  • Pertama, silakan blender hingga tercampur rata: gula, good day, SKM, dan air.
  • Lalu, siapkan gelas yg telah diisi dengan es batu yang sudah diserut atau dipecah. Kemudian masukkan cincau. Tuang es yang sudah diblender.
  • Sajikan dengan toping atau tidak

3. Es Cincau Susu


Nah, yang ini juga ngga kalah menarik. Sebab, enak, dan sudah pasti banyak yang suka. Karena memang mudah dibuat, jadi saya hadirkan untuk Bunda semua. Semoga saja bisa menginspirasi Bunda semua. Mari kita cek saja selanjutnya.

Bahan:

  • 2 balok cincau hitam
  • 1 liter susu cair full cream
  • 200 gram gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan (ikat simpul)
  • 350 ml air

Cara Membuat Es Cincau Susu:

  • Pertama, silakan cincau dipotong-potong sesuai selera lah.
  • Dan campur gula merah, gula pasir, daun pandan dan air. Kemudian rebus sampai mendidih dan gula larut.
  • Terakhir campur susu dengan air gula merah, lalu tambahkan cincau, aduk rata.
  • Sajikan

4. Es Pisang Ijo

Asalnya dari Makassar. Dia pun begitu terkenal di Jawa. Nah, kali ini, Bunda harus mempertimbangkan ini untuk ide jualannya. Oke, bunda. Secara detail bisa Bunda, cek saja di video. Namun, kami akan hadirkan juga resep dan cara membuat es pisang ijo di bawah ini.

Bahan es pisang ijo:

  • 250 gr tepung beras
  • 50 gr gula pasir
  • 5 buah pisang raja mateng
  • 250 gr tepung terigu
  • 500 ml santan
  • 3 sd 5 tetes pasta pandan

Bahan vla:

  • 500 ml santan / 3 bks santan kara
  • 50 gr tepung beras
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Pelengkap:

  • Es batu secukupnya
  • Sirup Coco pandan secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Es Pisang Ijo:

  • Pertama silakan kupas pisang raja
  • Kedua, silakan campur tepung beras dan tepung terigu ditambahkan sedikit santan diaduk sampai tidak rata tidak begrendel. Nah, selanjutnya campurkan dengan sisa santan + gula pasir + pasta pandan. Masak dengan api kecil sampai kental. Sisihkan dan dinginkan.
  • Setelah dingin. Uleni adonan dan balutan dengan pisang raja. Setelah semua pisang terbalut adonan kulit ijo nya. Siapkan kukusan. Alas kukusan dengan daun pisang. Kukus pisang kurang lebih 20 menit.
  • Sekarang kita akan membuat vla.  Caranya siapkan panci campurkan santan dan tepung beras + garam dan gula. Aduk rata. Setelah rata masak diatas api kecil sambil terus diaduk. Setelah mengental angkat.
  • Sajikan. Caranya ambil 1 buah pisang ijo potong sesuai selera. Masukkan vla di atasnya ditaburi sirup Coco pandan dan susu kental manis dan jangan lupa tambahkan es batu

5. Es Kelapa Muda


Salah satu es paling banyak dan paling mudah dijual. Bisa ditambahkan beberapa toping dalam penyajiannya. Nah, kali ini saya hadirkan yang paling simpel. Semoga bisa bermanfaat untuk bunda semua. Oke, kita akan cek saja semuanya yang udah saya siapkan.

Bahan:

  • 1 buah Kelapa muda
  • Air kelapa dari 1 buah kelapa hijau
  • 1 botol Sirup chco pandan
  • 1/2 sdm Biji selasih
  • Susu kental manis secukupnya

Cara membuat es kelapa muda:

  • Keruk kelapa muda
  • Lalu siapkan gelas
  • Tuangkan air kelapa, es, dan sirup
  • Sajikan dengan dingin

Nah, itulah informasi yang bisa kami hadirkan untuk Anda semua. Karena memang kami, ingin kembali lagi dengan informasi yang tidak kalah menarik, maka mari kita tunggu saja update berikutnya. Semoga ringkasan ini bermanfaat. Salam.

5 Resep Aneka Minuman Berbuka Puasa Praktis Terpopuler

Resep minuman buka puasa untuk dijual – Selamat pagi, bunda semua. Apa kabar? beberapa hari lagi sudah masuk ramadhan bunda. Bunda sudah siap dengan semuanya? nah, kali ini saya akan hadirkan beberapa informasi menarik yang bisa bunda pakai untuk buka puasa. Namun lebih spesifik ke minuman. Nah, kenapa sih minuman? karena kalau makanan sudah khas banget. Buka puasa, sebaiknya dibuka dengan yang segar dan manis. Agar mengembalikan tenaga yang hilang setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Makanya, minuman menjadi ide menarik kali ini. Resep ini juga bisa bunda pakai untuk jualan, kok.

Berpuasa di bulan ramadhan adalah kewajiban untuk ummat islam di manapun. Dan untuk itu, kita yang sudah baliq wajib puasa. Makanya, jangan sampai tidak puasa, ya. Puasa akan semakin menarik, semakin menyenangkan jika kita mampu memberikan diri kita hadiah menarik. Makanan adalah salah satu contoh menariknya. Kali ini, beberapa contoh menu buka puasa praktis akan saya hadirkan. Tapi kalau untuk makanan, akan saya berikan pada kesempatan yang akan datang. Oke, kita cek saja selengkapnya.

Minuman berbuka puasa yang sehat

1. Es Campur

Cara membuat es campur praktis dan mudah, bisa Anda simak kali ini. Tidak perlu banyak bahan. Bahkan, sangat cocok dijadikan ide jualan di bulan ramadhan. Makanya, bunda bisa langsung cek saja. Selain itu, saya akan hadirkan juga beberapa hal menarik yang lain. Mari kita simak saja resep es campur praktis.

2. Es campur pelangi

Beda sedikit, sih. Tapi soal enak tidak kalah dengan resep lain. Nah, kali ini saya akan langsung saja hadirkan untuk bunda semua. Dan jangan sampai tidak download. Bahkan resepnya sudah bisa dilihat langsung. Semoga bermanfaat untuk bunda semua. Mari kita cek cara membuat es campur pelangi.

3. Sup Buah

Enak juga nih. Karena memang ngga ada duanyalah. Kali ini bunda ngga usah repot membuatnya. Makanya, bunda tinggal ikuti saja resepnya. Oke, kita akan langsung saja cek ke ide atau cara membuat sup buah praktis untuk jualan. Semoga informasi ini bermanfaat.

4. Kolak Pisang

Kolak juga menjadi makanan khas Ramadhan. Dia sudah identik banget malahan. Nah, selain es, Bunda juga bisa membuat kolak untuk buka puasa. Selain itu, kolak juga memiliki nilai jual tinggi. Makanya, bunda ngga usah ragu kalau mau jualan kolak. Kita cek saja yuk cara membuat kolak pisang praktis.

5.  Kolak Singkong

Selain pisang, singkong juga menarik. Bahkan kolak singkong salah satu favorit saya, bunda. Bunda berminat atau tertarik untuk segera membuatnya? saya akan share resep kolak singkong. Silakan bunda coba sendiri. Kolak ini juga bisa dijual kembali bunda. Mari kita simak cara membuat kolak singkong empuk.

Nah, sampai di sini dulu ya bunda. Silakan bunda pilih mana yang paling menarik. Yang jelas, saya akan selalu berusaha untuk hadirkan resep menarik setiap pertemuannya. Semoga ringkasan ini bermanfaat untuk bunda semua. Salam.

Resep Es Campur Pelangi Enak Ekonomis, Murah, Mudah Dibuat

Resep Es Campur Jualan Puasa – Es campur pelangi adalah varian dari es campur seperti umumnya. Makanya, secara rasa ngga jauh beda. Namun, secara penampilan tentu beda. Sebab es campur pelangi memiliki warna seperti pelangi. Iya, komplit banget. Kali ini kami akan hadirkan cara membuat es campur pelangi untuk jualan dan juga untuk menu buka puasa sendiri.

Nun jauh di di sana ada es campur pelangi suroboyo jawa timur. Karena es campur sebenarnya mudah dibuat namun enak dan menyegarkan, wajar jika banyak orang suka. Oke bunda, kita simak saja cara membuat es campur pelangi buah susu.

Resep es campur pelangi

Bahan:

 

  • ½ buah melon
  • 10 biji buah nangka potong kecil
  • 1 klg susu kental manis mereka apa saja
  • 3 on kacang telur
  • 2  on sagu mutiara masak
  • 1 kelapa muda serut atau sekitar 300 gram
  • 1 bks agar-agar putih dimasak dengan gula
  • 2 buah alpukat  mentega, karena akan lebih enak. Ngga harus tapi ya
  • ½ buah semangka inul dan 1/2 semanga biasa. Jadi warna merah dan kuning
  • 1 pepaya sedang, tidak terlalu besar
  • Es batu 2 buah serut sampai habis atau pecah
  • Gula putih, bisa merah sesuai selera

Bahan Membuat Saus es Campur Pelangi:

  • 500 gram gula pasir
  • 2 daun pandan
  • Air matang 1 ltr

Cara Membuat Es Campur Pelangi:

  1. Air masak sampai mendidih
  2. Tambahkan daun pandan
  3. Diamkan. Kalau sudah tercium aroma harum pandan kemudian;
  4. Tambah gula pasir antara 250 -300 gram
  5. Aduk sampai mendidih. Dinginkan

Cara Menyajikan Es Campur Pelangi:

  1. Siapkan mangkuk saji
  2. Masukkan bahan es campur sebanyak satu sendok saja mulai buah semangka, pepaya dan agar-agar
  3. Tambahkan agar-agar putih satu sendok
  4. Tambahkan es batu
  5. Beri saus gula sesuai selera
  6. Tuang susu kental manis
  7. Taburkan kacang telur
  8. Siap dihidangkan

Mudah banget kan, bunda? harga es campur satu porsi bisa 5 ribu rupiah. Makanya, resep es campur pelangi mudah ini, akan sangat bermanfaat untuk Anda semua. Simpan ya, bund. Sampai jumpa pada resep berikutnya. Salam.

6 Contoh Minuman Buka Puasa Praktis untuk Jualan

Resep minuman buka puasa sederhana – Nah, bunda semua, apa sudah siap untuk buka puasa? tapi, kalau bunda ingin menambah penghasilan, buka puasa sambil jualan kayaknya enak, ya? apalagi jika bunda rumahnya di pinggir jalan atau di kampung. Kali ini, kami akan hadirkan beberapa ide untuk jualan lagi nih, bun. Semoga contoh minuman buka puasa sederhana ini bermanfaat.

Nah, bun, resep minuman buka puasa simpel ini, selain bisa dijual bisa juga untuk suguhan keluarga. Sibuk jualan jangan sampai sibuk urus keluarga, lo. Oke, bunda. tidak usah panjang lebar lagi, mari kita simak saja kumpulan contoh menu buka puasa yang sudah kami siapkan untuk Anda semua.

Minuman Buka Puasa Murah

       1.Kolak Pisang

Kolak seakan menjadi makanan atau minuman buka puasa yang wajib. Karena, puasa selalu ada kolak pisang atau kolak lainnya. Nah, kolak bisa jadi ide untuk bunda jualan deh.

Selain mudah dibuat, kolak sudah dikenal khalayak, sehingga akan lebih mudah dijual. Ngga usah memperkenalkan lagi. Betul ngga, bun? kalau setuju, yuk share!

      2. Aneka Es buah

Es buah jadi hidangan wajib kedua. Di mana es buah ini juga mudah pembuatannya. Hanya dengan 10 – 20 ribu bunda sudah bisa membuat es buah. Jual murah saja, bun. Sekitar 3000 rupiah. Tentu lebih ramai dan lebih banyak yang membeli.

     3. Es kelapa muda

Es kelapa muda atau bahkan kelapa muda juga populer banget di bulan puasa. Sekarang kreasikan saja bun, jual es kelapa muda bakar. Atau dengan tambahan rasa lain.

Sepertinya enak, dan jarang. Kelapa bakar sih sudah banyak yang tahu. Tapi kalau es kelapa bakar masih jarang. Mudah dibuat kok, bun. Ngga perlu cemas, karena ngga laku.

     4. Asinan buah

Jarang lo ya jual. Kebanyakan es dan juga kolak. Asinan sangat terbuka peluang untuk mendatangkan pundi rupiah di bulan puasa. Maka, sekarang kami hadirkan untuk bunda semua.

    5. Manisan buah

Misalnya, carica, manisan buah dari daerah Wonosobo. Minuman berbuka puasa yang sehat satu ini sangat menarik dan juga banyak disukai. Makanya kami hadirkan sebagai rekomendasi untuk Anda semua.

    6. Sup buah

Sebenarnya sama dengan es buah, bedanya sup buah lebih banyak kuahnya. Modalnya juga ringan, makanya cocok banget kalau dijadikan selingan untuk menunggu buka puasa. Dan menjadi resep jualan buka puasa terakhir dalam kesempatan kali ini.

Nah, bunda semua. Itulah kumpulan resep minuman buka puasa terpopuler untuk jualan. Dan kami harap Anda menyukainya, bunda semua. Sampai jumpa di kesempatan yang lain. Kami akan kembali dengan macam macam minuman berbuka puasa lengkap dengan resep.

79 Resep Menu Buka Puasa Terpopuler Praktis dan Murah

kumpulan resep masakan untuk pemula

Hidangan buka puasa – Puasa ada 30 hari, di mana kadang di bulan puasa banyak orang yang malas masak. Akibatnya mereka hanya beli saja. Tetapi, kadang malas masak karena tidak ada inspirasi untuk masak. Kalau ada ide mengenai menu takjil buka puasa, sepertinya tidak akan pernah malas. Bahkan bisa bersemangat untuk masak. Nah, untuk itu Anda harus menyiapkan berbagai resep untuk menghadapi bulan istimewa.

kumpulan resep masakan untuk pemula
contoh kumpulan makanan Indonesia

Kali ini kami akan berikan inspirasi menu buka puasa untuk Anda. Berbeda dengan sebelumnya, menu buka puasa sehat yang kami hadirkan bersambung dan terus diulas selama bulan puasa. Kami ingin pembaca terus produktif jadi kami sajikan secara bertahap meskipun judulnya 79 menu. Seluruhnya terdiri dari menu buka puasa yang praktis.

Oke, mari kita simak saja apa yang telah kami rangkum untuk Anda dalam kesempatan kali ini. Semoga kumpulan ide menu buka puasa murah meriah ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan semoga puasa kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Mari kita simak resep menu buka puasa.

Menu buka puasa terpopuler sepanjang masa

  1. Resep Kolak Takjil Bisa kolak pisang, kolak pisang kurma atau kolak ubi. Resepnya silahkan cek di kumpulan resep kolak pisang
  2. Es buah. Menjadi menu Andalan bagi banyak keluarga muslim di bukan ramadhan. Resepnya bisa dicek di resep es buah praktis 
  3. Sup buah. Sebenarnya sama dengan es buah cuma yang ini lebih banyak variasi dan jenisnya. Resepnya bisa dicek di Resep es buah berbagai daerah
  4. Jus buah. Ini juga populer karena selain sehat juga bisa membangkitkan tenaga. Resepnya silahkan cek di resep jus bubur untuk buka puasa
  5. Olahan mie. Mie ayam dan semisalnya juga menjadi menu Andalan. Resepnya bisa disimak di resep Mie ayam Solo asli
  6. Rendang. Daripada beli mending bikin sendiri. Resep rendang empuk dan lezat
  7. Lumpia. untuk pembuka sangat cocok. Apalagi dia termasuk makanan ringan. Resep lumpia Semarang 
  8. Nasi goreng. Bisa untuk makanan buka puasa. Resepnya cek di kumpulan resep nasi goreng enak
  9. Aneka olahan roti tawar. Ada banyak ide dan cara membuat menu buka puasa praktis dengan roti tawar. Silahkan simak di resep olahan roti tawar
  10. Roti manis. Bisa juga untuk ide menu buka puasa. Disajikan bersama dengan teh manis. Cara membuat roti manis yang empuk
  11. Nasi uduk. Tidak kalah nikmat dari nasi goreng. Cara membuat nasi uduk yang enak bisa disimak di kumpulan resep nasi uduk terpopuler
  12. Kue bolu. Selain bisa dan enak buat camilan pembuka puasa kue ini juga kadang dipakai untuk sedekah takjil di masjid. Resepnya bisa dilihat di cara membuat kue bolu empuk
  13. Capcay kuah. Selain segar juga menyehatkan. Alhasil menahan lapar dan haus selama 15 akan terbayar, resepnya bisa dicek di resep capcay kuah enak
  14. Bihun kuah. Tak kalah enaknya. Anda bisa membuat bihun kuah plus sambal. Resepnya cara membuat bihun kuah enak

Bersambung…

5 Resep Es Campur untuk Menu Buka Puasa Dijamin Puas

cara membuat es sarang walet

Resep minuman buka puasa sederhana – Buka puasa enaknya dengan yang segar dan manis. Jawabannya adalah es dengan buah. Maka kami hadirkan resep es campur yang mudah dan enak. Meski sebenarnya bukan es campur semua, tetapi tidak mengapalah. Dengan mengerti resepnya maka Anda akan mengerti cara membuat aneka resep hidangan berbuka puasa.

cara membuat es putri salju

Nah, di bulan puasa memang Anda harus faham soal aneka resep hidangan berbuka puasa. Sebagai ibu rumah tangga, pengetahuan soal masak dan menyajikan menu buka puasa sangat wajib. Untuk itu, mari kita simak saja resep menu buka puasa termudah. Seluruhnya adalah minuman berbuka puasa yang sehat.

Resep minuman buka puasa sederhana

Resep aneka minuman segar untuk buka puasa akan kita mulai dengan sesuatu yang tidak asing yakni es campur dari Nata De Coco. Dan juga beberapa resep minuman ramadhan yang tentu saja kami pilihkan yang murah dan mudah. Mari kita simak resep yang pertama.

1. Resep Es Sarang Walet Melon Nata De Coco

cara membuat es sarang walet

Es nata de coco atau kadang disebut es sarang walet tidak susah membuatnya. Anda hanya perlu mengingat bahan kemudian ikuti langkah yang kami hadirkan. Mari kita simak resepnya.

Bahan:

  • Agar-agar powder warna putih masak tanpa gula. Air 500cc
  • Biji selasih 1 sdm rendam sampai mekar
  • 1 ltr air dan es batu
  • Nata De Coco 1 bks besar
  • Melon 1 buah
  • syrup melon

Cara membuat es saran walet:

  • Agar-agar dipotong kecil sesuai selera
  • Campur dengan air +es
  • Masukkan sirup
  • Sajikan dingin

2.  Resep Es Bola Buah Selasih

resep es selasih

Resep es segar untuk buka puasa berikutnya adalah es dengan selasih. Namanya es buah bola selasih. Seperti apa resepnya? mari kita simak saja!

Bahan:

  • Semangka 250 gram
  • Melon 250 gram
  • Blewah 250 gram
  • Selasih  2sdt
  • Santan 500 ml
  • Sirup vanili
  • Es batu

Cara membuat es buah bola selasih:

  • Rendam selasih hingga mekar. Tiriskan
  • Buah-buahan potong dadu atau sesuai selera
  • Tuang sirup dalam eglas saji
  • masukkan buah
  • tambah es batu
  • siram dengan santan

3. Resep Es Putri Salju

cara membuat es putri salju

Resep menu buka puasa berikutnya masih terbuat dari es dan buah. Namanya es putri salju. Dijamin buka puasa akan semakin nikmat dan penuh bahagia. Mari kita simak resepnya.

Bahan:

  • Es batu secukupnya
  • Sirup merah terserah apa saja
  • Daging nangka sekitar 200 gram potong dadu
  • Daging melon setengah potong dadu juga
  • Benkoang 3 -4 buah potong dadu atau sesuai selera
  • Nata de coco buat dadu juga
  • Gula pasir 300 gram buat larut dengan air panas
  • Air dingin

Cara membuat es putri salju

  • Buat kuah dulu: Campurkan air dan larutan gula, aduk semua hingga rata. Tuang sirup merah, aduk hingga rata.
  • Ambil mangkok saji. Isi dengan potongan buah dan nata de coco
  • Tambahkan es batu di atasnya. Tuang dengan air gula atau kuah

4. Resep es selendang mayang

cara membuat es selendang mayang

Es selendang mayang termasuk menu buka puasa populer. Anda bisa membuatnya dengan mudah. Membuat sendiri lebih ekonomis tentunya. Dan sekarang kami akan hadirkan resep untuk Anda. Mari kita simak saja!

Bahan:

  • Gula jawa 300 -500 gram
  • Tepung Hunkwe 100 gram
  • Tepung sagu 100 gram
  • Garam secukupnya
  • Air 2 liter
  • Gula pasir 5 sdm
  • Pewarna makanan hijau
  • pewarna makanan merah
  • es batu
  • nangka sesuai selera potong dadu atau memanjang
  • Daun pandan 6 lbr
  • santan 1 ltr rebus

Cara membuat es selendang mayang:

  • Pertama buat kuah atau sirup: Rebus air 600 ml masukkan pandan, garam, gula pasir, gula jawa. Saring dan dinginkan jika sudah matang
  • Membuat selendang mayang: campur hunkwe, sagu, garam dan air 1000 ml. Aduk hingga rata. Bagi adona jadi 3 bagian dan ebri warna jadi tiga, putih, hijau, merah. Kemudian masak satu persatu adonan.
  • Potong adonan hijau, merah dan putih, taruh dalam mangkok saji. Siram dengan kuah atau sirup yang sudah dibuat.
  • Tambahkan es batu dan air secukupnya
  • Es selendang mayang siap dihidangkan

5. Resep sop buah enak dan mudah

cara membuat sup buah

Dari semua resep es buah yang kami hadirkan, sup buah mungkin paling populer. Dan bisa dibuat dengan mudah. Meski begitu kadang banyak yang tidak faham cara membuat sup buah yang mudah. Mari kita simak resep sup buah di bawah ini.

Bahan:

  • Strawberry
  • Apel segar
  • melon
  • blewah
  • buah naga
  • anggur
  • semuanya potong dadu kecuali anggur
  • sirup 200 ml
  • es batu
  • santan (opsional. Bisa pakai bisa tidak)

Cara membuat sup buah segar

  • Ambil mangkok saji
  • masukkan buah yang sudah dipotong termasuk anggur
  • Masukkan juga es batu
  • siram dengan sirup
  • Tambahkan santan dan air
  • Hidangkan dalam keadaan dingin

Akhirnya selesai sudah resep minuman buka puasa sederhana. Kami akan kembali lagi dengan informasi yang tidak kalah bermanfaat. Sampai jumpa lagi ya! Selamat berkreasi.

 

 

 

Kumpulan Resep Kolak untuk Menu buka Puasa Agar Semakin Ceria

resep kolak singkong

Macam-macam kolak dan cara membuatnya – Kolak adalah makanan ringan yang dibuat dari olahan pisang atau sejenisnya, kemudian dimasak bersama dengan santan dan gula. Kolak begitu populer di Indonesia. Apalagi di bulan puasa, nah kolak memiliki banyak sekali variasi, mulai dari kolak pisang, kolak ubi, sampai kolak biji salak. Kali ini kami akan hadirkan beberapa cara membuat kolak pisang sederhana untuk menu buka puasa agar semakin bermakna.

cara membuat kolak pisang yang enak

Pada dasarnya resep kolak pisang yang enak adalah yang takaran antara gula, santan tepat. Sehingga rasanya memang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Untuk itu Anda perlu mengetahui resep kolak pisang enak. Atau juga resep kolak yang mudah namun enak. Di Jawa, orang mengenai kolak hanya dengan dua varian, pertama adalah kolak pisang kedua kolak ubi. Meski kadang dari keduanya dicampur juga dengan kolang-kaling. Mari kita simak saja resep kolak enak dan mudah.

Kumpulan Resep Cara Membuat Kolak

Kolak ada berbagai macam. Biasanya masuk dalam ulasan soal resep aneka kolak dan bubur. Dan kali ini kami hadirkan untuk Anda apa saja kolak yang populer dan bisa digunakan sebagai menu buka puasa. Mari kita simak mulai dari yang pertama.

1. Cara membuat kolak singkong

resep kolak singkong

Resep kolak singkong yang empuk dan enak akan kami hadirkan sebagai resep pertama. Dan tanpa menunggu panjang lebar, mari kiat simak saja apa yang bisa kami hadirkan untuk Anda kali ini.

Bahan:

  • Singkong 1 kg
  • Santan kental 200 ml atau 1 bks santan kara
  • Vanili 1 bks
  • Garam 1/s sdt teh
  • Gula merah 300 gram
  • gula pasir 30 gram
  • Daun pandan 6 helai sobek

Resep Cara membuat Kolak Singkong empuk

  • Rebus gula, santan dengan air secukupnya
  • Rebus singkong hingga empuk. Sisihkan
  • Rebus kembali bersama air santan dan gula sampai harum. Tambahkan daun pandan
  • Kolak singkong siap disajikan

2. Cara membuat kolak pisang simpel dan mudah

cara menbuat kolak pisang

Nah, yang kedua adalah kolak pisang. Kolak pisang juga tak kalah populer dari kolak singkong. Bahan dan cara membuatnya mirip, mari kita praktekkan resep kolak pisang mudah dan sederhana.

Bahan:

  • Pisang kepok. Karena lebih enak dan cocok untuk kolak
  • Air secukupnya
  • Santan dari 1 btr kelapa
  • Garam 1 sdt
  • Gula merah 200 gram
  • Gula pasir 150 gram
  • Daun pandan 3 lbr

Cara merebus kolak pisang kepok

  • Bersihkan pisang dan potong sesuai selera. Kemudian rebus hingga matang
  • Kemudian rebus kembali bersama santan, gula merah, gula pasir, pandan, vanili
  • Aduk hingga matang
  • Sajikan hangat

3. Cara membuat kolak labu (Waluh)

cara membuat kolak labu

Sama seperti pisang, singkong dan yang lain. Kolak labu atau dalam bahasa jawanya waluh juga sangat populer. Nah kali ini kami hadirkan resep kolak labu enak dan mudah. Mari kita simak saja!

Bahan:

  • Labu 1/2
  • Santan dari 1/2 btr kelapa
  • Gula merah 200 gram sisir
  • Gula pasir 150 gram
  • Daun pandan 2 lbr
  • garam 1/2 sdt

Cara membuat kolak labu

  • Potong labu menjadi dadu bersihkan dan sisihkan
  • Rebus santan bersama dengan gula pasir, gula merah, vanili, pandan, garam
  • Masukkan labu. Masak hingga empuk
  • Bisa disajikan bersama es

4. Cara membuat kolak kolang-kaling

resep es kolang-kaling

Kolak kolang-kaling juga menjadi menu populer selama ramadhan. Maka dari itu kami hadirkan untuk Anda resep kolak kolang-kaling yang mudah dan simpel. Nah, mari kita langsung praktek saja!

Bahan:

  • Santan kelapa dari 1 btr kelapa
  • Gula merah  250 gram
  • Kolang-kaling 1 kg bersihkan. Kemudian rendam dengan air cucian beras selama 2 jam
  • Rebus kolang-kaling. Angkat dan tiriskan
  • Daun pandan 2 lbr
  • air secukupnya

Rese Cara membuat kolak kolang-kaling

  • Rebus santan, gula pasir dan gula merah serta daun pandan
  • Kemudian masukkan kolang-kaling
  • Aduk sampai rata hingga matang
  • Sajikan hangat

5. Resep Kolak biji salak simpel dan mudah

cara membuat kolak biji salak

Kolak biji salah juga tak kalah populer. Bahkan banyak yang menyukai dan menjadi makanan rakyat. Mari kita simak cara membuatnya dengan resep di bawah ini.

Bahan:

  • Ubi kuning 1/2 kg saja
  • garam secukupnya
  • Pisang kepok 2 atau 3 buah
  • Vanili
  • santan kental dari 1/2 btr kelapa
  • Gula merah 350 gram
  • gula pasir 250 gram
  • air secukupnya

Cara membuat biji salak

  • Ubi
  • Tepung terigu
  • Garam

Cara membuat kolak biji salak lengkap

  • Pertama buat biji salah: Ubi dikupas, setelah cuci potong dan kukus selama 15 menit. Kemudian tumbuk ubi campur tepung sagu, kasih garam. Uleni hingga bisa dibentuk bulat.
  • Bikin kolak: Rebus air secukupnya. Masukkan gula merah, gula pasir, garam. Tunggu hingga mendidik. Masukkan bola ubi yang sudah dibuat. TGunggu hingga mengapung. Kalau sudah mengapung berarti sudah matang.
  • Masukkan vanili, dan daun pandan. Tes rasanya, apalah sudah manis?
  • kolak biji salak siap dihidangkan. Bisa ditambah pisang, jika sudah.

Nah, selesai sudah kumpulan resep kolak sederhana untuk buka puasanya. Kami akan hadirkan kembali resep lain yang tidak kalah bermanfaat. Sampai jumpa di kesempatan yang akan datang. Salam.

5 Menu Takjil Buka Puasa Murah Meriah Agar Ramadan Semakin Bermakna

resep es cincau kelapa

Resep takjil murah meriah – Setelah menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 14 jam, sudah saatnya kita berbuka dengan yang manis dan lezat, sebagaimana yang disabdakan oleh nabi. Nah, kali ini kami akan mencoba hadirkan beberapa menu resep takjil mudah dan murah. Kenapa mudah dan murah? karena memang untuk membuatnya tidak perlu banyak tingkah dan biaya.

cara membuat es campur kolang-kaling

Nah karena biasanya orang puasa tidak ada keinginan makana apa-apa, karena minum teh kemudian satu kurma saja rasanya sudah kenyang, makanya sebaiknya Anda membuat menu buka puasa sederhana. Tidak usah yang mewah, asal tercukupi gizinya. Untuk bisa membuatnya, Anda harus mengetahui beberapa resep takjil murah meriah. Oke, mari kita cek saja langsung daftar resep buka puasa murah dan mudah.

Daftar menu berbuka puasa

Sudah menjadi hal umum, kalau ramadan biasanya identik dengan kolak pisang. Maka kami berikan resep takjil dari pisang dan lainnya. Karena tidak afdhal rasanya kalau tidak makan pisang. Oke, mari kita simak saja yang pertama.

1.Resep Sop buah segar

resep sup buah

Jajanan buka puasa yang pertama adalah sop buah. Mudah dibuat dan murah. Kali ini kami hadirkan untuk Anda resep sup buah lengkap. Mari kita simak saja apa yang kami hadirkan.

Bahan:

  1. Buah-buahan sesuai selera
  2. Santan kental
  3. Gula pasir
  4. Sirup
  5. Es batu secukupnya

Cara membuat sup buah

  • Potong buah sesuai selera
  • Masak santan kental dicampur dengan daun pandan
  • Masukkan gula pasir. Aduk sampai harum, angkat dan sisihkan
  • Siapkan gelas saji
  • masukkan buah yang sudah dipotong
  • siram dengan santan yang sudah dimasak dengan gula
  • Beri sirup 2 sdm
  • masukkan santan
  • Tambahkan es
  • Siram air
  • Hidangkan dalam keadaan dingin

2. Resep Es Kopyor enak dan segar

cara membuat es kopyor

Es kopyor juga tidak kalah enak dengan sup buah. Beda tipis sih, tapi ya begitulah. Mari kita langsung saja cek dan praktekkan cara membuat es kopyor enak dan mudah.

Bahan:

  • Es batu secukupnya
  • Air kelapa muda sekmitar 1500 ml
  • 1/2 sachet agar-agar bubuk
  • 10 Gram Jelly instan plain
  • gula pasir 2 sdm
  • sirup cocopandan
  • garam
  • santan kental 1 butir kelapa

Cara membuat es kopyor

  • Agar-agar, jelly, gula, garam, santan, rebus jadi satu. Aduk sampai mendidih. Angkat dan sisihkan supaya uapnya hilang
  • Ambil baskom. Isi dengan es. Tuang adonan tadi ke baskom.
  • Siapkan santan kental, masak sampai mendidih bersama 2 lbr daun pandan dan sisihkan
  • Siapkan gelas, tuang sirup 3 sdm. Tambahkan agar-agar, air kelapa, es. Beri santan dan air.
  • Sajikan dalam keadaan dingin

3. Resep Es cincau kelapa muda

resep es cincau kelapa

Masi memakai bahan kelapa. Kami hadirkan resep menu buka puasa praktis. Namanya es cincau kelapa muda. Mari kita simak saja resep dan cara membuatnya.

Bahan:

  • Kelapa muda, ambil daging dan airnya
  • Cincau potong dadu 200 gram saja
  • 1sdt garam
  • gula merah 200 gram
  • 2 lbr daun pandan
  • Santan dari setengah butir kelapa

Cara Membuat Es Cincau kelapa Muda:

  •  Campur antara santan, gula, pandan dan garam, aduk hingga matang
  • Masukkan cincau ke dalam gelas sahi
  • Tuangkan es batu sampai penuh
  • Tuangkan santan ke dalam gelas dan es batu
  • Siap dihidangkan

4. Resep es teler

cara membuat es teler

Termasuk es legendaris. Es teller sudah ada sejak sangat lama. Bahkan sampai detik ini selalu dan masih populer. Bagaimana resepnya? mari kita simak saja!
Bahan I:
  • Alpukat 2 buah
  • Nangka 150 gram potong
  • 150 kelapa muda
  • pacar cina 100 gram
  • es batu
  • susu cair 100 ml
Bahan II :
  • Gula pasir 250 gram
  • 300 ml air
  • daun padang iris sekitar 4 lbr
Bahan III: 
  • Santan kental 400 ml
  • 1/2 sdt vanila
  • garam 3/4

Cara membuat es teler:

  • Bahan II  rebus hingga mendidih, masukkan gula
  • Masak hingga larut dan saring
  • Bahan III rebus dengan api kecil dan mendidih
  • Angkat dan dinginkan
  • Taruh kelapa mudam, nangka, alpukat, sirup, pacar cina dan es ke dalam mangkok atau gelas
  • Siram dengan sirup pandan dan santan
  • beri es batu, tambahkan air
  • hidangkan

5. Resep es kolang-kaling

resep es kolang-kaling

Kolang-kaling adalah makanan khas Indonesia. Dan sangat familiar jika di bulan ramadan. Nah, kali ini kami hadirkan untuk Anda resepnya. Mari kita simak!
Bahan:
  • 1 kg kolang-kaling
  • Vanili atau pandan
  • 2 liter air cucian beras
  • air 1,5 liter
  • esen makanan hijau atau merah
  • daun jeruk purut 5 lbr
  • daun pandan iris
  • gula pasir 600 gram

Cara membuat es kolang-kaling

  • Kolang-kaling cuci kemudian rendam dengan air cucian beras 5 jam saja. Tiriskan
  • Bilas kolang-kaling, tiriskan sampai ekring
  • rebus dengan air, daun jeruk, daun pandan
  • Masukkan gula, beri pewarna. Masak sampai air kurang hingga kolang-kaling berubah warna. Tiriskan
  • Buat larutan air sirup yang kental. Masukkan kolang-kaling dan maska dengan api kecil sampai air sirup habis.
  • Dinginkan
  • Taruh di wadah tertutup
  • Sajikan dengan es
Baca juga postingan sebelumnya mengenai 8 Resep Menu Minuman Buka Puasa Terpopuler. Selesai sudah, Mari kita praktekkan apa yang cocok. Semua resep bisa dicoba, kok. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya dengan informasi yang tidak kalah bermanfaat. Tunggu ya, resep masakan sahur praktis.

8 Resep Menu Minuman Buka Puasa Terpopuler

cara membuat es buah naga

Resep minuman buka puasa sederhana –  Buka puasa enaknya dengan makanan ringan dulu. Baru makanan berat. Tapi, kadang ada kok yang suka dengan minuman sejenis es. Oke, kalau Anda memang sedang merencanakan buka puasa dengan minuma yang enak dan murah. Sepertinya harus berbangga diri karena dalam kesempatan kali ini kami akan hadirkan menu buka puasa yang praktis.

Nah minuman buka puasa yang mudah dibuat di antaranya adalah es buah. Tetapi kalau cuma es buah saja, tentu membosankan. Makanya kali ini hadirkan resep minuman es campur. Kalau es campur belum juga membuat Anda puas, maka kami hadirkan kembali beberapa resep es buah yang mudah dan praktis. Intinya mari kita simak saja minuman buka puasa murah.

Macam-macam minuman berbuka puasa

Ada 9 resep yang kami hadirkan. Dijamin membuat Anda ngiler. Karena selain bisa menghilangkan dahaga, juga bisa untuk mengobati panas dan sedikit membuat Anda kenyang. Apa saja sih? kita simak saja cara membuat aneka resep hidangan berbuka puasa.

1.Resep Bubur Biji Salak

cara membuat bubur biji salak

Biasa disebut dengan kolak biji salak kalau di jawa. Namun jika dilihat dari teksturnya sebenarnya adalah bubur. Seperti bubur sumsum. Nah, kini resep bubur sumsum biji salak kami hadirkan untuk Anda. Mari kita simak!

Bahan:

  • 1/2 sdt garam
  • air 750 cc
  • Daun pandan 3 lbr
  • 250 gram gula merah
  • 75 gram gula pasir

Cara membuat biji salak

  • 500 gram ubi
  • Tapioko 100 gram
  • 1/2 sdt garam

Saus santan

  • 400 cc santan kental
  • 2 lbr daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt Maizena, larutkan dengan  3 sdm air
  • cara membuat bubur biji salak

Cara membuat bubur biji salak

  • Campurkan ubi, garam, tepung, aduk rata. Ubi harus dihaluskan dulu dengan cara dikukus kemudian ditumbuk. Kemudian bentuk seperti kelereng sisihkan.
  • Siapkan air., Rebus gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, hingga mendidih. Angkat dan saring
  • Langkah berikutnya masak kembali larutan gula tadi. Masukkan biji salah, masak sampai mengapun pertanda sudah matang. Angkat dan tiriskan
  • Rebus santan, daun pandan, garam sampai mendidih. Aduk perlahan, masukkan maizena, masak hingga kental sesekali aduk
  • Sajikan bubur dengan kuah santan atau saus santan di atasnya.

Selesai sudah bubur biji salaknya. Oya, kami berikan lagi nih resep mudah untuk buka puasa. Dijamin enak dan lezat serta murah.

2.  Resep Sop Buah mudah dan terpopuler

cara membuat sup buah enak

Sup buah adalah es yang dicampur dengan potongan buah. Dengan bahasa lain sebenarnya disebut dengan es buah. Namun di daerah lain ada yang menyebut dengan sup buah. Cara membuat sup buah juga mudah sekali. Tidak perlu keahlian khusus. Sebab bisa dibuat dengan beberapa langkah ringan. Mari kita menuju cara membuat es buah.

Bahan:

  • Buah-buahan, bisa 3 sampai banyak jenis. Potong dadu
  • Es
  • Air 1 liter
  • valili sirup atau sirup lainnya 5 sdm
  • susu kental manis 100  ml

Cara membuat sup buah

  • Potong buah menjadi dadu. Sisihkan
  • Siapkan mangkok saji
  • Taruh buah-buahan dalam mangkok
  • campur air, susu, es, dan semuanya jadi satu. Aduk rata sampai tercampur
  • Ambil buah dan masukkan ke dalam campuran es serta air gula, sirup dan yang lain
  • Siapkan mangkok saji. Sajikan dalam keadaan dingin

Masih kurang dengan resep tersebut? setelah menahan haus dan lapar selama kurang lebih 14 jam, segelas es shanghai sepertinya pantas untuk dinikmati. Menu buka puasa kali ini akan semakin bermakna.

3. Resep Es Shanghai

resep es buah enak

Resep menu buka puasa praktis berikutny adalah es shanghai. Seperti janji kami sebelumnya bahwa kami akan hadirkan resep minuman buka puasa praktis. Oke, mari kita simak saja cara membuat es shanghai yang enak dan legendaris.

Bahan:

  • Susu kental 5 sdm
  • 100 gram rumput laut
  • 100 gram cincau hitam
  • kolang-kaling iris tipis 100 gram saja
  • daging alpkuat potong dadu
  • nagka muda potong atau iris tispi
  • kelapa muda 100 gram

Cara membuat es shanghai

  • Ambil gelas saji
  • Masukkan cincau hitam, kelapa, kolang-kaling, rumput laut ke dalam gelas. Tutup dengan es yang sudah dipecah atau diserut hingga banyak
  • Tuang dengan sirup merah dan susu cair
  • sajikan dalam keadaan dingin

Mudah sekali bukan? mari kita teruskan ke resep minuman berbahan buah untuk menu buka puasa berikutnya!

4. Resep es blewah praktis

cara membuat es blewah

Nah, buah ini selalu diidentikan dengan bulan puasa. Kapanpun bahkan sirup blewah juga sangat banyak ditemukan. Oke, tanpa panjang lebar mari kita simak saja resep es blewah praktis dan segar.

Bahan:

  • 10 sdm sirup cocopandan
  • 250 gram blewah
  • sari kelapa iris tipis
  • kolang-kaling iris tipis
  • 100 gram gula pasir
  • 100 – 300 ml air
  • es serut 1000 gram

Cara membuat es blewah:

  • Ambil gelas saji. Taruh blewah, sari kelapa dan semua bahan
  • Masukkan es serut hingga menutupi semuanya,. Tuang sirup merah. Siram dengan air. Sajikan

Selain bisa disajikan untuk keluarga, resep es blewah enak dan praktis bisa juga sebagai ide jualan. Bukankah bulan puasa banyak orang mencari es?

5. Resep es kelapa muda

resep es kelapa muda

Resep es kelapa mudah praktis dan mudah yang satu ini, adalah resep paling mudah dan ekonomis. Karena hanya perlu kelapa mudah, es, gula. Cara membuat es kelapa muda, mari kita ikuti.

Bahan:

  • Gula merah 100 gram. Serut dan larutkan dengan air panas. Bisa juga direbus
  • Kelapa muda, parut memanjang
  • rumput laut (opsional)
  • air kelapa muda
  • es serut 500 -100 gram

Cara membuat es kelapa mudah

  • Ambil gelas saji. Tuangkan kelapa muda, rumput laut. Tuang 3 sendok makan gula merah cair
  • masukkan es hingga menggunung kemudian tuang air kelapa.
  • Sajikan

6. Resep Es Cendol enak

cara membuat es cendol

Es cendol bisa juga untuk ide menu buka puasa praktis. Karena es cendol termasuk mudah dibuat dan praktis. Untuk cara dan bahannya, simak di bawah ini.

Bahan:

  • Cendol. Bisa beli di pasar (bisa juga buat sendiri)
  • Nangka potong kecil 10o gram saja
  • Gula merah sisir
  • 1000 ml air
  • 500 gram es serut
  • Santan kental

 Cara membuat es cendol

  • Rebus gula merah hingga mencari
  • Rebus santan hingga mendidih
  • Siapkan gelas saji isikan cendol dan nangka
  • Tambahkan es serut hingga menggunung
  • Berikan santan kental dan air gula
  • Siram dengan air
  • sajikan

7. Resep kolak pisang terpopuler

cara membuat kolak pisang yang enak

Kolak pisang menjadi Andalan di bulan ramadan. Sepertinya sangat populer, hingga tidak ada warung yang tidak menjual kolak pisang. Nah, kini kami hadirkan resep kolak pisang untuk Anda.

Bahan:

  • Pisang kepok potong sekitar 2 cm
  • Kolang-kaling (Bisa tidak pakai)
  • 2 lbr daun pandang
  • 1/2 sdt garam
  • 600 ml santan
  • 250 gram gula pasir

Cara membuat kolak pisang

  • Masak santan kental
  • Tambahkan daun pandan, gula pasir, garam
  • Masukkan kolang-kaling dan pisang
  • Masak sampai matang
  • Sajikan selagi hangat

Kolak pisang juga bisa jadi ide jualan di bulan ramadan. Karena kolak menjadi kebutuhan di bulan puasa, dijamin past laku. Dan kalau kurang mari kita simak resep berikutnya.

7. Resep setup buah naga

cara membuat es buah naga

Buah naga pun wajib diperhitungkan. Selain enak dimakan langsung, enak juga dibuat es. Serius. Apalagi sebagai menu minuman buka puasa. Mari kita simak resepnya.

Bahan:

  • Buah naga 500 gram. Potong dadu
  • air 500 ml
  • Gula pasir 250 gram boleh diganti sirup
  • Esens vanili
  • kayu manis 2 cm

Cara membuat setup buah naga

  • Rebus gula pasir dengan 500 ml air, tambahkan kayu manis. Rebus sampai harum
  • Masukkan potongan buah naga dan rebus sampai matang
  • Masukkan esens vanili
  • Hidangkan buah naga bersama es batu

Oke, kita beralih ke resep es menor alias melon orange. Pernah dengar? mari kita praktek saja langsung.

8.  Resep es melon

resep es buka puasa

Melon merupakan buah yang mudah didapatkan. Makanya kami rekomendasikan untuk Anda. Mari kita simak saja resepnya.

Bahan:

  • Sirup melon secukupnya
  • Melon 1 butir
  • Es serut
  • Susu kental manis

Cara membuat es melon

  • Ambil gelas saji
  • Buah melon yang sudah diparut atau dipotong masukkan ke dalam gelas
  • Beri air dan sirup serta es serut. Susu kental manis dan air
  • Sajikan untuk menu buka puasa

Nah, tuntas sudah informasi mengenai kumpulan resep minuman buka puasa. Kami akan kembali lagi dengan menu buka puasa praktis dan cepat lainnya. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua. Salam.

 

 

 

 

 

Cara Membuat Melon Lime Squash yang Praktis

Cara membuat minuman squash 3 warna – Siang hari gini, panas, enaknya minum yang seger ya bunda. Iya, kali ini saya akan hadirkan untuk bunda semua minuman yang manis, dan sangat enak pokoknya. Dijamin ketagihan bunda semua. Namanya Melom Lime Squash, sudah ngga asing kan? kadang kita mau buat tapi susah banget.

Oke, dalam artikel aneka resep minuman buah ini saya akan ajak bunda untuk praktek. Ngga sengaja dapat video ini, dan praktek. Akhirnya taraa, hasilnya saya share. Oya, kredit video sudah ada ya. Jadi Mari kita mulai saja deh. Siapkan dulu bahannya. Kemudian langkah selanjutnya ikuti video yang sudah saya hadirkan.

Bahan:

  • Es secukupnya
  • 50 ml sirup melon
  • 250 ml air soda tawar
  • 2 buah potongan jeruk nipis
  • Daun mint secukupnya

Instagram @adistinurarifanillah